PEMILIHAN STRATEGI BISNIS PEMBENIHAN UDANG VANAME DENGAN METODE INTERNAL-EXTERNAL MATRIX
:
https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.62-71Keywords:
Internal external matrix, strategi bisnis, pembenihan udang vanameAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bisnis pembenihan udang vaname dengan metode Internal External Matrix. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategi perusahaan berada pada kuadran IV mengarah pada strategi grow and build yang terdiri dari strategi intensive dan strategi integrative. Strategi intensive dengan melakukan strategi penetrasi pasar dan stratgei pengembangan pasar sedangkan strategi integrative dengan melakukan strategi integrasi ke depan.References
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry & research design. California: Sage Publications.
David, F. R. (2012). Manajemen strategis konsep (12th ed). (Dono Sunardi, Trans.). Jakarta: Salemba Empat.
David, F. R. (2012). Strategic management concepts and cases. California: Prentice-Hall.
Harisudin, M. (2011). Competitive profile matrix sebagai alat analisis strategi pemasaran produk atau jasa. SEPA 7 (2), 80–84.
Moleong, L. J. 2013. Metode penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sohel1, S. M., Rahman, A. M. A., & Uddin, M. A. (2014). Competitive profile matrix (CPM) as a competitors’ analysis tool: A theoretical perspec-tive. IJHPD, 3(1), 40–47.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyani, A. T. & Rosidah. (2013). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widodo, D.P. (2010). Competitive profile matrix dan mckinsey capacity assessment grid sebagai pe-rang¬kat analisis manajemen strategis.