ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN TIP OLEH PELANGGAN ASING PADA METODE SELF SERVICE DI STARBUCKS COFFEE DISCOVERY MALL-BALI DAN METODE TABLE SERVICE DI THE WAVE COFFEE BAR-BALI

Authors

  • Monika Kristanti Faculty of Economics, Petra Christian University
  • Rosilia Mandias Fasilitator Hospitality Livelihood Advancement Business School (LABS) Surabaya
  • Monika Kristanti Faculty of Economics, Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jmp.2.1.

Keywords:

tip, self-service, table service, starbucks coffee discovery mall, the wave coffee bar.

Abstract

Tip is usually given by customers to the waiter in a restaurant or cafe. In order to know the factors that influence foreigner customers in giving tip at Starbucks Coffee Discovery Mall and The Wave Coffee Bar Bali that the two cafés implement different service method, self-service and table service, interview is done to the foreigner customers. The result shows the factors that influence tip giving are service quality, staff friendliness, and customer's mood. Abstract in Bahasa Indonesia : Tip diberikan oleh pelanggan domestik maupun mancanegara kepada waiter di suatu restoran atau kafe. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggan, khususnya customer asing dalam memberikan tip di Starbucks Coffee Discovery Mall dan The Wave Coffee Bar Bali, dimana kedua kafe tersebut menerapkan metode servis yang berbeda, self-service dan table service, maka dilakukan wawancara terhadap para pelanggan asing. Didapatkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian tip adalah kualitas servis, keramahan karyawan, dan mood pelanggan. Kata kunci: tip, self service, table service, starbucks coffee discovery mall-bali, the wave coffee bar-bali.

Downloads

Published

2006-05-01

How to Cite

Kristanti, M., Mandias, R., & Kristanti, M. (2006). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN TIP OLEH PELANGGAN ASING PADA METODE SELF SERVICE DI STARBUCKS COFFEE DISCOVERY MALL-BALI DAN METODE TABLE SERVICE DI THE WAVE COFFEE BAR-BALI. Jurnal Manajemen Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.9744/jmp.2.1.

Issue

Section

Articles