DOI: https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.88-98

FAKTOR-FAKTOR PENDORONG KONSUMEN SURABAYA MEMBELI MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI APLIKASI GOFOOD DAN GRABFOOD

Marcella Puspita, Adriana Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong konsumen Surabaya membeli makanan dan minuman melalui aplikasi GoFood dan Grabfood. Kuesioner telah disebarkan kepada 351 responden dan data dianalisis dengan menggunakan analisa faktor dengan SPSS for windows 16.0. Hasil analisa ini menunjukkan 8 faktor baru yang mendorong konsumen membeli makanan dan minuman melalui aplikasi yaitu kualitas layanan dan aplikasi, variasi, gaya hidup, efektivitas dan efiesiensi, kondisional, sosial, preferensi dan individu

Keywords


GoFood, GrabFood, analisa faktor, pembelian makanan online

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2002). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, L. K. C., Suthanaya, I. P. B., & Sujadi, D. (2019). Faktor Faktor yang dipertimbangkan Konsumen dalam menggunakan Gojek Online di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 25 (1), 84-98.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 20 (6 th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipo¬negoro.

Hair, J.F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis: A global perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku belanja online di Indonesia. Jurnal Riset Manaje¬men Sains Indonesia, 9 (2), 193-213. http://doi. org/10.21009/JRMSI.

Jogiyanto, H. M. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kim, D. J., Ferrin, D. L., & Rao, H. R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: The role of trust, perceived risk, and their antecedents. Science Direct, 44 (2), 544–564. https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.07.001

Kotler, P & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16th Edition). Boston: Pearson.

Kotler, P & Keller, K. L. (2006). Marketing mana-gement (12th Edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. (2006). Manajemen pe-ma¬saran jasa (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Martono, N. (2016). Metode penelitian kuantitatif: Analisis isi dan analisis data sekunder (edisi revisi 2, cetakan 5). Jakarta: Rajawali Pers.

Mowen, J. C & Minor, M. (2001). Consumer beha¬vior: A framework. New Jersey: Prentice Hall.¬

Peter, J.P & Olson, J.C (2008). Consumer behavior and marketing strategy. Singapore: McGraw Hill.

Santoso, A., & Prayitno, R.D. (2011). Faktor-faktor yang mendorong konsumen Surabaya dalam melakukan pembelian makanan secara online. (TA NO. 33010296/MAN/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jur-nal Teknologi Informasi DINAMIK, 13 (2), 140–146.

Sujarweni, V.W. & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Veronika, S. (2013). Motivation of online buyer behavior. Journal of Competitiveness, 5(3), 14-30. http://doi.org/10.7441/joc.2013.03.02

Wilson, R. M. S. & Giligan, C. (2005). Strategic marketing management: Planning implementa¬tion & control. Italia: Elsevier.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremier, D. D. (2009). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (5th edition). Singapore: McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.88-98



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Perhotelan, ISSN: 0216-6283

shopify visitor statistics
View My Stats