Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Customer Satisfaction Terhadap Minat Beli Ulang pada Usaha Online Shop Cecile’s Lasagna

Authors

  • Catherine Christy Juliano Universitas Ciputra Surabaya
  • Fabiola Leoparjo Universitas Ciputra Surabaya
  • Agustinus Nugroho Universitas Ciputra Surabaya
  • Yudianto Oentario Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/jmp.11.1.15-27

Keywords:

customer satisfaction, harga, kualitas produk, minat beli ulang

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui apakah kualitas produk, harga dan customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang pada usaha online shop Cecile’s Lasagna. Populasi yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pelanggan Cecile’s Lasagna, sedangkan sampel yang diteliti adalah pelanggan yang pernah melakukan transaksi pembelian terhadap produk Cecile’s Lasagna melalui platform social media Instagram dan Whatsapp dan telah melakukan pembelian sebanyak lebih dari 1 kali dalam kurun waktu pembelian yaitu 4 bulan terakhir (sejak Januari-April 2024) dengan usia minimal 17 tahun agar peneliti mendapatkan hasil yang objektif dan dapat memberikan gambaran keadaan yang sebenarnya. Sebanyak 140 responden akan digunakan sebagai sampling dalam penelitian dan kuesioner disebarkan melalui media google form. Variabel penelitian yang digunakan peneliti yaitu variabel kualitas produk, harga, customer satisfaction, dan minat beli ulang. Peneliti menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan teknik analisis data SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam analisa model PLS adalah uji outer model, uji inner model, uji hipotesis,dan uji mediasi. Berdasarkan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini yaitu kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang. Sedangkan harga dan customer satisfaction berpengaruh terhadap minat beli ulang.

Author Biographies

Catherine Christy Juliano, Universitas Ciputra Surabaya

School of Tourism, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia

Agustinus Nugroho, Universitas Ciputra Surabaya

School of Tourism, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia

Yudianto Oentario, Universitas Kristen Petra

Creative Tourism, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia

References

Afdhalina. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Cafe Haus Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. eprints UNM

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458

Alvian, I. G. P. K. (2020). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen “Masalah”. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 5(4), 295-302.

Astuti, Y., Hamdani, F., & Zulkarnain, M. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1), 1-14.

Aurelia, F., dan Nawawi, M. T. (2021). Pengaruh customer satisfaction, perceived value, dan trust terhadap online repurchase intention pada fashion di Instagram di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 117-126.

Bizhare.id .(2024, 6 Januari). Melihat potensi industri F&B di Indonesia, makin Kuat! Diakses pada 4 Maret 2025, dari https://www.bizhare.id/media/bisnis/potensi-industri-fnb-di-indonesia

Candra, A. (2019). Berbisnis online melalui media dosial. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 96-102.

Heriyanto, C., Oktavio, A., dan Kaihatu, T. S. (2021). Peran scarcity marketing dan perceived value terhadap purchase intention pada pengguna Traveloka. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 8(1).

Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling, metode alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Khadka, K., dan Maharjan, S. (2017). Customer satisfaction and customer loyalty: Case trivsel städtjänster (trivsel siivouspalvelut). Centria University of Applied Sciences.

Kusumatrisna, A. L., Amri, K., Anggraini, L., Sutarsih, T., & Wulandari, V. C. (2023). Statistik eCommerce 2022/2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Lestari, R., dan Elwisam, E. (2019). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada minat beli ulang produk Mie Instant Sedaap. Ilmu dan Budaya, 41(63).

Mahendra, I., dan Rinawati, R. (2020). Hubungan antara kualitas produk dengan minat beli ulang Konsumen. Prosiding Manajemen Komunikasi, 165- 169.

Mudfarikah, R., dan Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap minat beli ulang. Jurnal Manajemen, 13(4), 654-661.

Mulyana, A., & Andreani, F. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pelanggan Shao Kao Kertajaya melalui kepuasan pelanggan. Agora, 7(2).

Napitulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. KINERJA, 16(1), 1-9.

Nasution, N. A., Zuraidah, & Harlina, Y. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga sembako oleh para pedagang menurut perspektif ekonomi syariah. Journal of Sharia and Law, 2(1), 56-69.

Nurdian, R., Takwim, L, & Suhendar, A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan granit PT Sinaradi Tatasejahtera. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 100-114.

Pratiwi, M. N., Setiadi, R., & Siswantining, T. (2017). Analysis of Satisfaction and Loyalty Level of Online Taxi Bike Customer. Basic and Applied Sciences Interdisciplinary Conference, 1442(1), 1-7. doi:10.1088/1742- 6596/1442/1/012029

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. VALUES, 1(3), 171-181.

Ramdhan, M. S., SP, P. P. R., dan Erna Herlinawati, S. E. (2023). The influence of product quality and price on repurchase interest in Crackers Rambak NSR Bandung. JUDICIOUS, 4(1), 111-121.

Resti, D., & Soesanto, H. (2016). Pengaruh persepsi harga, kualitas pelayanan, melalui kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang pada Rumah Kecantikan Sifra di Pati. Diponegoro Journal of Management, 5(1), 28-39. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13437

Rufliansah, F. F., & Daryanto Seno, A. H. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389-401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226

Siswanto, M. N. A., & Prapanca, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, dan harga dalam meningkatkan kepuasan jamaah di PT Almultazan Utama Nusantara Sidoarjo. UMSIDA Preprints, 1, 1-12.

Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., dan Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31-41.

Tae, B. E., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap minat membeli ulang (Repurchase Intention) (Survei pada Pelanggan The Kings Resto Kupang). Transformatif, 10(1), 27-45.

Tamon, N. P., Manoppo, W. S., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada CV. DEFMEL Leilem. Productivity, 2(4), 309–314. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/34946

Tonce, Y. & Rangga, Y. D. P. (2022). Minat dan keputusan pembelian: Tinjauan melalui persepsi harga & kualitas produk (Konsep dan studi kasus). Indramayu: Penerbit Adad.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Juliano, C. C., Leoparjo, F., Nugroho, A., & Oentario, Y. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Customer Satisfaction Terhadap Minat Beli Ulang pada Usaha Online Shop Cecile’s Lasagna. Jurnal Manajemen Perhotelan, 11(1), 15–27. https://doi.org/10.9744/jmp.11.1.15-27