Pengaruh Digital Marketing dan E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention pada Pengguna Grabfood di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.9744/jmp.11.1.1-14Keywords:
digital marketing, e-service quality, niat membeli kembaliAbstract
Di era kemajuan teknologi saat ini, kehidupan masyarakat luas secara signifikan difasilitasi oleh kehadiran platform digital yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Fenomena ini dicontohkan oleh menjamurnya platform digital yang mengkhususkan diri dalam penyediaan layanan pengiriman makanan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menilai dampak pemasaran digital dan kualitas layanan elektronik terhadap niat untuk membeli kembali dalam konteks aplikasi GrabFood di Surabaya. Penelitian ini mencakup 100 responden dari kedua jenis kelamin yaitu pria dan wamita berusia 17 tahun ke atas, yang telah terlibat dalam minimal 3 transaksi menggunakan aplikasi GrabFood. Pengolahan data kuantitatif menggunakan perangkat lunak Partial Least Square (PLS). Prosedur analisis yang diadopsi dalam penelitian ini melibatkan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) di dua fase inti, khususnya penilaian model luar dan model dalam. Hasil analisis data mengungkap hubungan penting antara pemasaran digital, kualitas layanan elektronik, dan niat untuk membeli ulang.
References
Alhogbi, B. G., Arbogast, M., Labrecque, M. F., Pulcini, E., Santos, M., Gurgel, H., Laques, A., Silveira, B. D., De Siqueira, R. V., Simenel, R., Michon, G., Auclair, L., Thomas, Y. Y., Romagny, B., Guyon, M., Sante, E. T., Merle, I., Duault-Atlani, L., Anthropologie, U. N. E., … Du, Q. (2018). Pengaruh orientasi pasar, inovasi produk terhadap keberhasilan usaha pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Yo. Gender and Development, 120(1), 0–22. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.
Ardisa, F. V., Sutanto, J. E., & Sondak, M. R. (2022). The influence of digital marketing, promotion, and service quality on customer repurchase intention at Hub22 Lounge & Bistro Surabaya. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2), 725–733. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i2.5361
Berman, B. (2016). Digital marketing: strategy, implementation, and practice. Pearson Education Limited.
Chinomona, R., & Dubihlela, J. (2014). The influence of digital marketing communication on customer loyalty in South Africa. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(3), 115-126.
Destyana, Y., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh digital marketing, perceived ease of use, dan ragam produk terhadap minat beli serta pengaruhnya pada keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2), 390–399. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23363
Ejika, S., Sunday, U. I., Mary, A. M., & John, F. (2022). Impact of service quality on customer satisfaction and loyalty. Proceedings of the 15th Annual International ConferenceAnnual International Conference, 1389–1402. https://doi.org/10.3126/md.v24i2.50041
Ernantyo, Y. E., & Febry, T. (2022). Pengaruh implementasi digital marketing dan customer relationship marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang pada Kafe Kisah Kita Ngopi. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 1(2), 107–128.
Fazil, M. M., & Saputri, M. E. (2024). Pengaruh e-service quality terhadap repurchase intention pada aplikasi Mcdonald ’ S dengan costumer trust sebagai. EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(3), 655–662.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Universitas Diponegoro.
Hair, J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson. (2019). Multivarate data analysis (8 Edition). Cengage Learning EMEA.
Hasanudin, H. (2023). Pengaruh citra merek, harga dan digital marketing terhadap minat beli ulang konsumen UMKM Ritel Minuman HAUS. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 3501. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4531
Irawan, S., & Albari, A. (2023). The effect of promotions, discounts and service quality in repurchasing interest in Grabfood application. Devotion : Journal of Research and Community Service, 4(2), 515–524. https://doi.org/10.36418/devotion.v4i2.404
Jiang, Z., & Benbasat, I. (2007). Research note—online consumer decision making: an empirical study of alternative models. Information Systems Research, 18(4), 370-389.
Kotler, P. (2014). Marketing management (14th ed.). Global Edition Pearson. Prentice Hall.
Kumar, V., & Shah, D. (2004). Building and sustaining profitable customer loyalty for the 21st century. Journal of Retailing, 80(4), 317-330.
Kuncoro, M. (2013). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Erlangga.
Kurniawan, I. C., & Remiasa, M. (2022). Analisa e-service quality terhadap repurchase intention melalui customer e-satisfaction sebagai variabel intervening pada pembelian online di Zalora Indonesia. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(2), 75–83. https://doi.org/10.9744/jmp.7.2.75-83
Ladhari, R. (2009). Service quality, e-service quality, and customer satisfaction: A multidimensional perspective. Managing Service Quality: An International Journal, 19(4), 391-410.
Latupeirissa, J. J. P., Arniti, N. K., & Lestari, N. L. Y. (2023). Analisis pengaruh pelayanan publik dan e-service quality terhadap kepuasan masyarakat. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 10(2).
Listiyana, Rita Alvin, & Nur Qomariah. (2022). Pengaruh e-service quality terhadap online repurchase intention dengan e-trust sebagai mediator pada pengguna Tokopedia (Studi pada follower Instagram Tokopedia). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(4), 2007–2028. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i4.300
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL: A multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3), 213-233.
Pramesti, A. B., & Budiatmo, A. (2023). Pengaruh e-service quality terhadap repurchase intention melalui e-satisfaction pada pengguna aplikasi Bukalapak di Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(3), 789–797. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Purnamasari, I., & Suryandari, R. T. (2023). Effect of e-service quality on e-repurchase intention in indonesia online shopping: e-satisfaction and e-trust as mediation variables. European Journal of Business and Management Research, 8(1), 155–161. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2023.8.1.1766
Putri, P. P. S. S., & Setiawati, C. I. (2021). E-service quality, customer satisfaction, and repurchase intention: analyzing the impact on e-commerce platform. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(4), 825–837. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.04.11
Santos, J. (2003). E-service quality: A model of virtual service quality dimensions. Managing Service Quality: An International Journal, 13(3), 233-246
Setyowati, Desy. (2024). Transaksi ShopeeFood dan GrabFood naik, GoFood turun. Kata Data. Diakses pada 3 Maret 2024, dari https://katadata.co.id/digital/startup/65b76fd85c590/transaksi-shopeefood-dan-grabfood-naik-gofood-turun
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Vuthisopon, S. (2020). The electronic service quality structural equation model for customer satisfaction and loyalty in online food purchases through Grab Food Application in Thailand. Entrepreneurship & Sustainability in Digital Era Assumption University in Thailand, 560–566. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/icesde/article/view/5055%0Ahttp://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/icesde/article/download/5055/3101
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of digital marketing in the challenging age: an empirical study. International Journal of Management Science and Bussines Administration, 1(1).
Zaraswati, N., & Setyawati, I. (2023). Keberhasilan e-satisfaction dan e-repurchase intention Bukalapak: peran digital marketing, e-service quality dan e-trust. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 442–456. https://doi.org/10.55681/jige.v4i1.656
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Malhotra, A. (2002). Service quality delivery through websites: A critical review of extant knowledge. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 362-375.