Pengaruh Customer Perceived Risk, Product Quality, dan Service Standard Terhadap Purchase Intention pada Kalangan Masyarakat Jepang di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.9744/jmp.10.2.123-132Keywords:
customer perceived risk, kualitas produk, minat beli, standar layananAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh persepsi risiko konsumen, kualitas produk, dan standar layanan terhadap minat beli produk kuliner Jepang di Surabaya. Penelitian ini melibatkan semua orang Jepang yang tinggal di Surabaya dan pernah membeli makanan Jepang. Purposive sampling dipilih sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini mengumpulkan 156 orang, 130 di antaranya valid dan dapat digunakan untuk proses analisis data. Proses penjaringan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner elektrik (google form) yang berisikan pernyataan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. Instrumen ini dipilih karena kemudahannya untuk dapat disebarkan dan menjaring data yang dibutuhkan. Sebanyak 13 indikator digunakan pada kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Jawaban responden yang masuk dianalisis dengan menggunakan program Windows SPSS 20. Hasil olah data menunjukkan bahwa persepsi risiko dan kualitas produk pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Jepang di Surabaya untuk membeli makanan Jepang, sedangkan standar layanan berpengaruh signifikan terhadap minat beli makanan Jepang.
References
Angelia, D. (2022). Usaha kuliner di Indonesia dalam bingkai statistik.. https://goodstats.id/article/lebih-dari-10000-usaha-kuliner-ada-di-indonesia-bagaimana-statistiknya-OTIU5.
Amin, A. M., Angelia, R., Mukhsin, Eddy, P., dan Yuliendi, R. R. (2022). The effect of product quality, price, and word of mouth on packing sticker purchase decision at CV. Blitz Media Kreasindo Pekanbaru City. Journal of Applied Business and Technology, 3(3), 214–225. https://doi.org/10.35145/JABT.V3I3.105
Božek, P., Nikitin, Y., & Krenický, T. (2021). The basics characteristics of elements reliability.
Dabrynin, H., & Zhang, J. (2019). The investigation of the online customer experience and perceived risk on purchase intention in China. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 13(2), 16-30.
Chaniago, H. (2021). Manajemen ritel dan implementasinya. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/74644214/18._BUKU_MANAJEMEN_RITEL_HARMON_.pdf
Dimaro, M.E. (2023). Service quality for customers’ satisfaction: A literature review. European Modern Studies Journal, 7(1), 267-276.
Eman, C., Pangemanan, S., & Rumokoy, F. S. (2018). Analyzing the effect of service quality and perceived risk on purchase intention in the Multimart Convinience Store, Tomohon City. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 2477–2487. https://doi.org/10.35794/EMBA.V6I4.21017
Ermini, Suryati, Najib, M., dan Nindiati, D. (2023a). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi penjualan terhadap minat beli konsumen pada The Hungry Burger. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/9814/7164
Hair, J., Ringle, C. M., dan Marko, S. (2021). Partial Least Squares structural equation modeling. Handbook of Market Research. 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15/COVER
Kasilingam, D. L. (2020). Understanding the attitude and intention to use smartphone chatbots for shopping. Technology in Society, 62. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101280
Khasbulloh, A. & Suparna, G. (2022a). Effect of perceived risk and perceived value on customer loyalty through customer satisfaction as intervening variables on Bukalapak Users. https://ejbmr.org/index.php/ejbmr/article/view/1472/831
Kindangen, D. A., Karamoy, H., Saerang, R. T., Kindangen, D. A., Karamoy, H., dan Saerang, R. T. (2021). Perceived risk, trust and purchase intention in online marketplace: Persvecpice of consumer in Manado, Indonesia. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 715–725. https://doi.org/10.35794/EMBA.V9I3.35016
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing management 15th edition: Global edition. https://books.google.com/books/about/Marketing_Management.html?hl=iddanid=_-2hDwAAQBAJ
Kotler, P., Keller, K. L., dan Chernev, A. (2021). Marketing management. 605. https://books.google.com/books/about/Marketing_Management.html?id=zXp fzgEACAAJ
Kurniawati, H. M., dan Primadini, I. (2022). Dampak komunikasi efektif melalui konten media sosial @yellowfitkitchen terhadap minat beli. Soetomo Communication and Humanities, 3(1), 39–55. https://doi.org/10.25139/SCH.V3I1.4479
Lestari, U. P., Darmawan, D., Putra, A. R., Eli Retnowati, R., Puji Lestari, U., Darmawan, D., & Rachman Putra, A. (2021). Karyawan yang ditinjau dari kepercayaan dan motivasi kerja Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 1(1), 65–76. https://mada.indonesianjournals.com/index.php/mada/article/view/11
Li, Z., Sha, Y., Song, X., Yang, K., Zhao, K., Jiang, Z., & Zhang, Q. (2020). Impact of risk perception on customer purchase behavior: a meta-analysis. Journal of Business & Industrial Marketing, 35, 76-96.
Martiah, A., Ismulyani, H. U., dan Inonu, S. H. (2023). Pengaruh perceived risk, perceived reputation, dan trust online terhadap minat beli online konsumen Shopee. https://www.infeb.org/index.php/infeb/article/view/616/320
Pramudito, A. (2016). Makin banyak orang jepang menetap di Surabaya, ini kata Konjen Yoshiharu Kato. https://surabaya.tribunnews.com/2016/12/09/makin-banyak-orang-jepang-menetap-di-surabaya-ini-kata-konjen-yoshiharu-kato
Prentice, C., Han, X. Y., Hua, L., & Hu, L. (2019). The influence of identity-driven customer engagement on purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 47, 339-347
Purba, T., Nainggolan, N.P., & Heryenzus. (2023). Quality perception analysis on purchase intention (Ding Tea Brand in Batam). Jurnal Ilmiah Manajemen UPB, 11(1), 136-143.
Ramadhani, D., & Sarwani. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Cincau Station Transmart Rungkut Surabaya. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/5716/2759
Sriyanto, A., & Utami, D. (2016). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian produk Dadone di Jakarta. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 2252–6226.
Sulastri, D. S. (2022). The effect of service quality on repurchase interest at Mie Gacoan Restaurant in Bandung. https://ijabo.a3i.or.id/index.php/ijabo/article/view/209/65
Svitlyshyn, I., & Svitlyshina, I. (2022). Theoretical aspects of product quality. Actual Problems of Economics, 9(255), 89-97.
Tarziev, V., Banabakova, V.K., & Georgiev, M. (2018). Customer service standards. International E-Journal of Advances in Social Sciences, 4(10), 49-55.
Tjiptono. (2019). Kualitas produk: Pengertian, dimensi, indikator, faktor dan pendekatan. https://serupa.id/kualitas-produk-pengertian-dimensi-indikator-faktor-pendekatan/
Tomoki Nakano. (2023). Mengapa banyak restoran Jepang di Indonesia? https://www.kompas.com/food/read/2023/01/28/170900575/mengapa-banyak-restoran-jepang-di-indonesia
Tran, V.D. (2020). Assessing the effects of service quality, experience value, relationship quality on behavioral intentions. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(3), 167-175.