Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya

Authors

  • Hanjaya Siaputra Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/jmp.10.1.13-23

Keywords:

kualitas layanan, kualitas makanan, minat beli ulang, persepsi harga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak kualitas makanan, mutu pelayanan, dan persepsi harga terhadap keinginan konsumen untuk melakukan pembelian kembali di restoran XYZ. Penelitian ini menggunakan dasar konsep bauran pemasaran, dengan fokus penelitian pada konsumen restoran XYZ. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner penelitian, dan sebanyak 143 tanggapan diperoleh dari responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Temuan dari penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh positif antara kualitas makanan, mutu pelayanan, dan persepsi harga dengan minat pembelian ulang pada pelanggan Restoran XYZ.

Author Biography

Hanjaya Siaputra, Petra Christian University

SINTA ID: 6677880, GS ID: WCyXuA8AAAAJ&hl

References

Al-Tit, A. A. (2015). The effect of service and food quality on customer satisfaction and hence customer retention. Asian Sosial Science, 11(23), 129–139.

Amanah, F. N., & Fahimah, M. (2021). Minat pembelian ulang di rumah makan saat pandemi covid-19 (Studi kasus di Omah Cangkruk Jombang). Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis. 5(1), 50-63

Berliansyah, R. A., & Suroso, A. (2018). Pengaruh kualitas makanan & minuman, service quality, place, and perceived price to customer satisfaction and repurchase intention. Jurnal Penelitian Manajemen, 1(1),1-10.

Eversanti. M., & Rahyuda, K. (2016). Pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan dan behavioral intentions pada restoran Metis. Jurnal Bisnis Ekonomika, 4(7), 1-11.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi ilmu manajemen (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gaman, & Sherrington (1996). The science of food. Routledge.

Gilbert, G. R., Veloutsou, C., Goode, M. M. H., & Moutinho, L. (2004). Measuring customer satisfaction in the fast food industry: A cross national approach. The Journal of Service Marketing, 18(5), 71-383.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hariyanto, K. (2017). Analisa pengaruh service quality, food quality dan perceived value terhadap customer loyalty konsumen restaurant boncafe manyar kertoarjo surabaya dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening. Jurnal Strategi Pemasaran. 4(1).

Hair, J. F., M., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using r: A workbook. Springer International Publishing AG.

Hidayat, D., Bismo, A., & Basri, A. R. (2020). The effect of food quality and service quality towards customer satisfaction and repurchase intention (Case study of hot plate restaurants), Jurnal Manajemen Bisnis, 1(10), 01-09.

Irawan D., & Sunarto, A. (2015). Analisa pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang konsumen di restoran ikan bakar Cianjur Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(3), 475-488.

Ismanto, J. (2020). Manajemen pemasaran. Prodi Akuntansi S-1.

Keller, K. L. (2012). Strategic brand management. building, measuring and managing brand equity. Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2016). Marketing management, 5th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Laela, E. (2021). Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang pada rumah makan Ciganea Purwakarta. Jurnal Riset dan Pengembangan, 7(3), 1-13.

Malhotra, N. (2004). Marketing research. Pearson Prentice Hall. I

Mulyana, A. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pelanggan Shao Kao Kertajaya melalui kepuasan pelanggan, Jurnal AGORA, 7(2), 1-8.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2), 1-9.

Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple- item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 62(1).

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(1), 127-146.

Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh service quality, food quality, dan price terhadap kepuasan pelanggan restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-10.

Sukmana, N. C., Chandra, V. J., & Siaputra, H. (2020). Pengaruh kualitas makanan, higienitas dan kualitas layanan terhadap minat pembelian ulang melalui kepuasan konsumen sebagai mediator di restoran dapur terbuka di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 8(2), 20-30.

Tanjung, F., & Setiomuliono, M. (2016). Analisis pengaruh persepsi harga harga terhadap minat beli ulang dengan kepuasan sebagai variabel perantara di De Boliva Surabaya Town Square. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 4(1), 298310.

Thama, H. A., & Saraswati, T. G. (2016). Pengaruh servicescape terhadap minat beli ulang pada Verde Resto And Lounge Bandung. eProceedings of Management, 3(2), 20-30.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Veronika, J., & Hikmah. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian keripik tempe di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Triangle, 1(2), 210-223.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1), 13-23. https://doi.org/10.9744/jmp.10.1.13-23

Issue

Section

Articles