PENGARUH ONLINE REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL DI ONLINE TRAVEL AGENT (STUDI KASUS KOTA BATAM)

Authors

  • Rezki Alhamdi Politeknik Pariwisata Batam

:

https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70

Keywords:

pariwisata, hotel, Online Travel Agent, online review, harga, keputusan pemesanan kamar, Batam

Abstract

Kota Batam merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Batam merupakan kota yang dapat diakses melalui pelabuhan Malaysia dan Singapura. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh Online Review dan Harga terhadap keputusan pemesanan kamar hotel pada online travel agent. Adapun cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan metode sampling yaitu purpose sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelumnya data dilakukan uji hipotesis, data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas. Untuk menjawab hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F. hasil uji t ditemukan bahwa pada penelitian ini maka dapat dijelaskan bahwa variabel online review dengan nilai sig 0.03 < dari 0.05 yang artinya ada pengaruh signifikasi online review terhadap keputusan pemesanan kamar hotel di Kota Batam. Pada variabel Harga mempunyai nilai sig 0.00 < dari 0.05 yang artinya ada pengaruh positif dan signifikasi antara harga dengan keputusan pemesanan kamar hotel. Berdasarkan hasil uji F dilakukan nilai sig 0.00 < dari 0.05 maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh online review dan harga terhadap keputusan pemesanan kamar hotel di online travel agent.

Author Biography

Rezki Alhamdi, Politeknik Pariwisata Batam

SINTA ID: 6664833, GS ID: sv-ybaUAAAA

References

Agatha, M. (2018). Analisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.

Florence, Ferlita, A., & Harianto, A. (2019). Pengaruh online review terhadap purchase intention di hotel budget pada Online Travel Agent (OTA). Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 31–40.

Gabriela, Y., & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli pelanggan e-commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran, jilid I dan II. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller. (2012). Manajemen pemasaran .jilid 2 edisi ke 13. Dialihbahasakan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Mardhotillah, I., & Saino. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2019). Pengaruh online reviews terhadap online hotel booking intentions, study kasus pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 194. http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1316/159%0Ahttp://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1316

Ristiani. (2021). Pengaruh harga dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung. Forum Ekonomi, 23(2), 310–317. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Sari, V. F. S., & Harti. (2020). Pengaruh harga tiket dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung ke obyek wisata Ubalan Waterpark Pacet Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 08(01), 723–729.

Sevtiani, S., Putri Sri, A. A., & Ratna Sari, N. P. (2020). Analisis pengaruh online review pada booking.com terhadap keputusan wisatawan menginap di De Vins Sky Hotel Seminyak, Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 4(2), 64. https://doi.org/10.24843/jkh.2020.v04.i02.p05

Veronika, R., Sasmita, A. S., & Andriani, D. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kamar melalui Online Travel Agent di Raising Hotel Makassar. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(2). https://doi.org/10.30813/fame.v1i2.1425

Zhao, X., Liang, W., Xiao, G., & Rob, L. (2015). The influence of online reviews to online hotel booking intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(6), 1343-1364.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Alhamdi, R. (2023). PENGARUH ONLINE REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL DI ONLINE TRAVEL AGENT (STUDI KASUS KOTA BATAM). Jurnal Manajemen Perhotelan, 9(2), 63-70. https://doi.org/10.9744/jmp.9.2.63-70