PENGARUH KEPERCAYAAN DAN INFORMATION SHARING TERHADAP RELATIONSHIP COMMITMENT DI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA HOTEL BINTANG 3 – 5 DI SURABAYA

Authors

  • Agung Harianto Program Hotel Management, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/jmp.8.2.92-97

Keywords:

Kepercayaan, berbagi informasi, komitmen hubungan, Rantai pasok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan Information Sharing terhadap relationship commitment. Pengalaman buruk yang di alami hotel terhadap supplier bisa menyebabkan hasil penelitian tidak sejalan. faktor kepercayaan karakteristik didasarkan pada persepsi timbal balik, pengalaman masa lalu yang positif atau negatif. Dari pengalaman yang buruk tersebut membuat kepercayaan hotel terhadap supplier menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan terhadap relationship commitment pada hotel berbintang 3- 5 di Surabaya sesuai dengan apa yang ada  di lapangan yaitu dimana hotel memiliki kekuasaan untuk memilih supplier sehingga tidak terjadinya ketergantungan hotel dengan 1 supplier saja. Apabila hotel merasa supplier tidak kompeten maka hotel bisa membatalkan perjanjian secara sepihak maupun berhenti memesan barang pada supplier tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa information sharing penting bagi industri yang menggunakan supply chain yang tujuannya untuk mengambil keputusan hotel yang lebih baik dan berdasarkan information yang dapat dipercaya. Hotel sangat menghargai information sharing mengenai perubahan harga yang terjadi sehingga hotel akan mengevaluasi kembali mengenai pembelian dan persediaan hotel. Status pengiriman juga menjadi penilaian penting untuk hotel karena mereka juga tidak ingin barang mereka lama datangnya sehingga status pengiriman penting untuk diperhatikan.

References

Abdullah, Z., & Musa, R. (2013). The Effect of Trust and Information Sharing on Relationship Commitment in Supply Chain Management. Procedia - Social and Behavioral Sciences 130, 266-272.

Chen, J., Yen, D. C., Rajkumar, T. M., & Tomochko, N. A. (2009). The antecedent factors on trust and commitment in supply chain relationships. Computer standart & Interfaces.

Chopra, S., & Meindl, P. (2004). Supply chain managemet : Strategy, planning and operation (Vol. 2). New Jersey: Pearson education.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model - Model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19 (5th ed). Sema-rang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kaya, E., & Azaltun, M. (2012). Role of information systems in supply chain management and its application on five‐star hotels in Istanbul. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 3, 138-146.

When Does Trust Matter to Alliance Performance? Rekha Krishnan.

When Does Trust Matter to Alliance Performance? Rekha Krishnan.

Krishnan, R & Martin, X, Noorderhaven, N, G. (2006) When Does Trust Matter to Alliance Performance. Academy of Management Journal, 5, 894-917.

Laeequddin, M., Sahay, B., Sahay, V., & Waheed, K. (2010. Measuring trust in supply chain partners’ relationships. Measuring Business Excellence,14, 53-69.

Simatupag, T., & Sridharan, R. (2008). Design for suply chain collaboration. Business Process Management Journal, 401-418.

Pengertian Hotel dan Karakteristiknya. (n.d.). Retrieved from pengertiandefinisi.com: https://pengertiandefinisi.com/pengertian-hotel-dan-karakteristiknya/

Pujawan, P., & Mahendrawati, E. (2010). Supply Chain Management (Vol. 2). Surabaya: Institut teknologi sepuluh november.

Zhao, X., Huo, B., Flynn, B. B., & Yeung, J. H. (2008). The impact of power and relationship commitment on the integration between manufacturers and customers in a supply chain. Journals of Operations Management, 26, 368-388.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Harianto, A. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN INFORMATION SHARING TERHADAP RELATIONSHIP COMMITMENT DI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA HOTEL BINTANG 3 – 5 DI SURABAYA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 8(2), 92-97. https://doi.org/10.9744/jmp.8.2.92-97