DAMPAK PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA STAF PADA HOTEL BINTANG TIGA DI SURABAYA

Authors

  • Betzy Davita Universitas Kristen Petra
  • Betty Devina Universitas Kristen Petra
  • Vido Iskandar Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/jmp.7.1.49-54

Keywords:

Penghargaan, Penghargaan Moneter, Penghargaan Non-Moneter, Kinerja Staf

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat dampak penghargaan terhadap kinerja staf pada hotel bintang tiga di Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan kausal yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari penghargaan dan kinerja staf. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 responden yang merupakan staf hotel bintang tiga di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan penghargaan moneter dan penghargaan non moneter yang diberikan pada hotel bintang 3 di Surabaya memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap kinerja staf.

References

Armstrong, M. (2010). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Elexmedia.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2017, October 17). Hotel dan kamar menurut klasifikasi hotel, 2016. Retrieved October 12, 2018, from Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur: https://jatim.bps.go.id/statictable/2017/10/17/681/hotel-dan-kamar-menurut-klasifikasi-hotel-di-provinsi-jawa-timur-2016.html

Bangun, W. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Erlangga.

Blumberg, B., Cooper, D., & Schindler, P. (2014). EBOOK: Business Research Methods. McGraw Hill.

Gerardine, E., & Belinda, G. (2018). Dampak penghargaan terhadap kinerja staf dengan motivasi kerja sebagai mediasi di Java Paragon Hotel & Residence. Jurnal Hospitality dan Management Jasa, 6(2), 528-539.

Hasibuan, M. S. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved November 20, 2018, from Kamus Besar Bahasa Indonesia Online: https://kbbi.web.id/insentif

Koestartyo, C. T., Yunita, S., & Nugroho, A. (2016). Dampak PENGHARGAAN terhadap kinerja staf coffee shop di surabaya. Jurnal Hospitality dan Management Jasa, 4(2), 42-57.

Leonardo, E., & Andreani, F. (2015). Dampak pemberian PENGHARGAAN terhadap kinerja staf pada PT. Kopanitia. AGORA, 3(2), 28-31.

Pasolong, H. (2010). Teori administrasi publik. Bandung: Alfabeta.

Rozack, A. (2017, August 25). Perkembangan hotel di Surabaya terlalu over. Retrieved September 12, 2018, from Radar Surabaya: https://radar-surabaya.jawapos.com/read/2017/08/25/9553/perkembangan-hotel-di-surabaya-terlalu-over.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

Suwithi, N. W., & Boham, C. I. (2008). Akomodasi perhotelan jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat JenĀ¬deral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Tingkir, M. S. (2015). Dampak PENGHARGAAN moneter dan non moneter terhadap kinerja staf pada PT. Bank Prima Master kantor pusat Sura-baya. AGORA, 3(2), 16-21.

Uwizeye, H., & Muryungi, P. (2017). Influence of compensation practices on employee performance of tea companies in Rwanda: A case study of Rwanda mountain tea. European Journal of Business and Social Sciences, 6(06), 160-167.

Downloads

Published

2021-08-01

Issue

Section

Articles