PERAN PERCEIVED RESTAURANT FOOD HEALTHINESS TERHADAP PERSEPSI NILAI DAN KEPUASAN PELANGGAN: STUDI PADA RESTORAN MADAME CHANG SURABAYA
:
https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.109-116Keywords:
Perceived restaurant food healthiness, persepsi nilai, kepuasan pelangganAbstract
Seiring dengan meningkatnya kesadaran pelanggan akan kesehatan, maka pemilihan makanan yang sehat menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh restoran-restoran yang ada di Indonesia saat ini. Ketika sebuah restoran dipersepsikan memiliki menu makanan sehat maka akan memberikan persepsi nilai yang lebih bagi pelanggan dan kemudian akan menciptakan kepuasan bagi pelanggan tersebut. Penelitian ini mereplikasi model perceived restaurant food healthiness terhadap persepsi nilai dan kepuasan pelanggan dalam konteks restoran Madame Chang Surabaya, yang bertujuan untuk memberikan pembuktian empiris dalam konteks restoran di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal menggunakan data sebanyak 100 responden. Hasil menunjukkan bahwa perceived restaurant food healthiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi nilai dan kepuasan pelanggan, sedangkan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.References
Ares, G., & Gámbaro, A. (2007). Influence of gender, age and motives underlying food choice on perceived healthiness and willingness to try functional foods. Appetite, 49(1), 148-158.
Bisnisbandung. (2018). Sukses mengusung konsep sehat di resto fastfood. Retrieved from http://bisnisbandung.com/2018/07/21/sukses-mengusung-konsep-sehat-di-resto-fastfood/
Hair, J. F. (2010). Multivariate data analysis. New Jersey: Pearson Education Inc.
Huang, C. C., Yen, S. W., Liu, C. Y., & Chang, T. P. (2014). The relationship among brand equity, customer satisfaction and brand resonance to repurchase intention of cultural and creative industries in taiwan. The International Journal of Organizational Innovation. 6(3). 106-120.
Kim, H. J., Park, J., Ryu, K., & Park, J. (2013). Does perceived restaurant food healthiness matter? Its influence on value, satisfaction and revisit intentions in restaurant operations in South Korea. International Journal of Hospitality Management. 33. 397- 405.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Erlangga.
Namkung, Y., & Jang, S. (2007). Does food quality really matter in restaurant? Its impact on customer satisfaction and behavioral intentions. Journal of Hospitality and Tourism Research. 31 (3). 387-410.
Permanasari, Y., & Aditianti. (2017). Konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak tetapi rendah serat dan aktivitas fisik kaitannya dengan kegemukan pada anak usia 5-18 tahun di Indonesia. Penelitian Gizi dan Makanan. 40 (2). 95- 104.
Provencer, V. (2009). Perceived healthiness of food. if it's healthy, you can eat more. Appetite. 52. 340-344.
Rahma, E. (2019). Makanan sehat jadi tren restoran tahun 2020. Marketeers. Retrived from https://marketeers.com/makanan-sehat-jadi-tren-restoran-tahun-2020/
Rangkuti, F. (2006). Riset pemasaran. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ryu, K., Han, H., & Jang, S. (2010). Relationships among hedonic and utilitarian values, satisfaction and behavioral intentions in the fast-casual restaurant industry. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 22(3), 416-432.
Ryu, K., Lee, H. R., & Gon Kim, W. (2012). The influence of the quality of the physical environment, food, and service on restaurant image, customer perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 24(2), 200-223.
Sulek, J. M., & Hensley, R. L. (2004). The relative importance of food, atmosphere, and fairness of wait: the case of a full-service restaurant. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly. 45(3). 235-247.
Tripadvisor. (2019, Juni Kamis). Madame Chang, Surabaya- Ulasan Restoran. Retrieved from Trip Advisor: https://www.tripadvisor.co.id/Restaurant_Review-g299715-d3653999-Reviews-Madame_Chang-Surabaya_East_Java_Java.html
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services marketing: integrating customer focus across the firm. McGraw- Hill Companies, Inc.