KOMPARASI PERSEPSI KEPUASAN TAMU SECARA LISAN DAN TERTULIS KETIKA MENGINAP DI HOTEL BINTANG EMPAT

Authors

  • Dian Tiur Ulina Pakpahan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • A.H.G Kusumah Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Rosita Rosita Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

:

https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.94-101

Keywords:

Komparasi, kepuasan, ketidakpuasan, tertuli, lisan, hotel bintang empat, bandar lampung

Abstract

Kepuasan akan terjadi ketika harapan yang terbentuk sesuai dan/atau melebihi kenyataan yang diterima. Begitu pun sebaliknya, ketika harapan yang terbentuk tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima akan menimbulkan ketidakpuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kepuasan dan ketidakpuasan tamu secara tertulis dan lisan pada hotel bintang empat di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa ulasan online dan data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber. Dalam penelitian ini, ulasan online yang terkumpul berasal dari situs TripAdvisor dan Google Review dengan jumlah 104 ulasan dari lima hotel bintang empat yang ada di Bandar Lampung. Sedangkan narasumber terdiri dari 14 orang dengan kriteria sudah pernah menginap minimal di salah satu hotel bintang empat di Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kepuasan dan ketidakpuasan tamu jika disampaikan secara tertulis dan lisan. Elemen yang bisa memberikan kepuasan dan ketidakpuasan untuk tamu lebih banyak ditemukan saat disampaikan secara lisan. Ketika menyampaikan melalui tulisan, tamu cenderung menyampaikannya secara singkat, tetapi ketika menyam­paikan kepuasan dan ketidakpuasannya secara lisan, tamu dirasa lebih detail menyampaikan keseluruhan pengalamannya. Namun, ketika menyampaikan secara lisan, tamu cenderung lebih sering menyampaikan kepuasan dibandingkan ketidakpuasan. Untuk itu, diharapkan untuk pihak manajemen hotel bintang empat di Bandar Lampung agar secara berkala melakukan survei secara langsung kepada tamu yang sedang menginap untuk mengetahui kepuasan dan ketidakpuasan yang dirasakan sehingga bisa mempertahankan elemen yang sudah baik dan memperbaiki elemen yang dianggap masih kurang

References

Artanti, Y., & Lestari, N. (2010). “Pengaruh Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Muamalat Indonesia,Tbk. Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Perantara (Studi pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Surabaya). Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 66-74.

Berezina, K., Bilgihan, A., Cobanoglu, C., & Okumus, F. (2016). Understanding satisfied and dissatisfied hotel customers: text mining of online hotel reviews. Journal of Hospitality Marketing & Management, 25(1), 1-24.

Budiman, B. (2018, 01 13). Pariwisata Lampung Kian Memikat. Retrieved from Lampung.antara-news.com: https://lampung.antaranews.com/ berita/302002/pariwisata-lampung-kian-memikat.

Dolnicar, S. (2002). Business Travellers' Hotel Expectations and Disappointments: A Different Perspective to Hotel Attribute Importace Investigation. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 7, 29-35.

Emir, O. (2011). Customer Complaints and Complaint Behavior in Turkish Hotel Restaurants: An application in Lara and Kundu areas of Antalaya. African Journal of Business Management, Academic Journals.

Gretzel, U., & Yoo, K. (2008). Use and Impact of Online Travel Reviews. Information and Communication Technologies in Tourism, 35-46.

Heung, V. (2000). Satisfaction Levels of Mainland Chinese Travelers with Hong Kong Hotel Services. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 12, 308-315.

Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Lam, S., & Tang, C. (20013). Motivation Of Survey Employees in Construction Projects. Journal of Geospital Engineering.

Lupiyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba-Empat.

Palupi, R., Kusumah, A., & Rosita. (2018). Analisis Komparasi Persepsi Atribut Kualitas Restoran Antara Pelanggan yang Puas Dengan Pelanggan yang Kurang Puas di Restoran Jepang All You Can Eat. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation.

Redaksi. (2017, 11 09). Lampung Catat Prestasi, Kunjungan Wisatawan Nusatara Tahun 2017 Kalahkan Bali. Retrieved from Lensalampung. com: http://lensalampung.com/go/lampung-catat-prestasi-kunjungan-wisatawan-nusantara-tahun-2017-kalahkan-bali/

Rosita, Marhanah, S., & Wahadi, W. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Andi.

Triana, D., Kusumah, A., & Marhanah, S. (2019). The Influence of Atmospheric Elements on The Overall Guest Impression: The Case of Lobbies in Three Star Hotels in Bandung City. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.

Utami, N. (2018, 5 21). Empat Metode Mengukur Kepuasan Pelanggan. Retrieved from Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-ketahui-4-metode-mengukur-kepuasan-pelanggan/

Vela´zquez, Beatriz, M., Marı´a, F., Irene, G., & Gloria, B. (2010). Causes For Complaining Behaviour Intentions: The Moderator Effect of Previous Customer Experience of The Restaurant. Journal of Service Marketing, 532-545.

Xiang, Z., & Gretzel, U. (2010). Role of social media in online travel information search. Tourism management, 31(2), 179-188.

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Pakpahan, D. T. U., Kusumah, A., & Rosita, R. (2020). KOMPARASI PERSEPSI KEPUASAN TAMU SECARA LISAN DAN TERTULIS KETIKA MENGINAP DI HOTEL BINTANG EMPAT. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), 94-101. https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.94-101