PENGARUH PROGRAM DIRECT MARKETING TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA FUNCTION ROOM DI HARRIS HOTEL SENTUL CITY BOGOR

Authors

  • Nungky Puspita Fakultas Pariwisata, Universitas Pancasila Jakarta

:

https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.82-93

Keywords:

Direct marketing, penjualan function room, customer relationship management

Abstract

Direct marketing merupakan cara yang efetif untuk menjangkau pelanggan dengan tepat sasaran dan dapat diukur serta dapat membantu mempertahankan pelanggan. Program direct marketing dilakukan oleh sales and marketing department HARRIS Hotel Sentul City Bogor yang memiliki peran yang sangat penting dalam mempromosikan produk yang dimilikinya seperti meningkatkan penjualan function room dengan mempromosikan kepada sasaran pasar. Direct marketing selain dapat menjual function room juga dapat menjalin dan membina hubungan dengan tamu atau biasa disebut customer relationship management. Customer Relationship Management merupakan konsep yang berfokus pada pemeliharaan hubungan dengan pelanggan untuk membangun hubungan jangka panjang dan menguntungkan dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh program direct marketing terhadap customer relationship management dalam meningkatkan penjualan function room di HARRIS Hotel Sentul City Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Kuesioner disebarkan secara langsung dengan 100 responden yang memenuhi syarat penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan secara kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas serta teknik regresi linear berganda mealui uji koefisien determinan (R2), Uji secara F, Uji T regresi berganda. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel telemarketing, direct mail, kiosk marketing dan the on-line customer berpengaruh signifikan terhadap customer relationship management sedangkan variabel direct selling, dan catalog marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap customer relationship management

References

Barnes, J. (2003). Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Pelanggan). Yogyakarta (ID): Andi Offset.

Buttle, Francis. (2007). Customer Relationship Management: Concept, And Tools (Manajemen Hubungan Pelanggan). Jakarta (ID): Bayumedia Publishing.

Gelar Maulana F. (2012). Pengaruh Program Direct Marketing Terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Di Golden Flower Hotel Bandung [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Pendidikan Indonesia.

Kesrul, M. (2004). Meeting, Incentive Trip, Confe¬rence, Exhibition. Graha Ilmu.

Kotler, Philip. (2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta (ID): PT Prehallindo.

Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Rahmat Saputra dan Astri Wulandari. (2017). Penerapan Direct Marketing Dan Personal Selling Pada Produk Indihome (Studi Kasus Di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Kandatel Cijaura Bandung Pada Tahun 2017 [Jurnal]. Bandung (ID): Universitas Telkom.

Stone, Bob dan Jacobs. (2007). Successful Direct Marketing Metods. McGraw Hill. New York (US).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Sulastiyono, Agus. (2006). Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Usaha Jasa Pariwisata Dan Akomodasi. Bandung (ID): Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. (2011). Service, Quality & Statifaction. Yogyakarta. (ID): Andi Offset.

Utama IGBR, Mahadewi EMN. (2012). Metodologi Penelitian Pariwisata & Perhotelan. Yogyakarta (ID): Andi Offset.

Warren, Carl S. Duchac. Jonathan E. (2007). Principles of Accounting. Prentice Hall.

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Puspita, N. (2020). PENGARUH PROGRAM DIRECT MARKETING TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA FUNCTION ROOM DI HARRIS HOTEL SENTUL CITY BOGOR. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), 82-93. https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.82-93