PENGARUH ATRIBUT HOTEL BUTIK TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SURABAYA

Authors

  • Stephanie Hanjaya Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia
  • Michael David Pranata Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia
  • Fransisca Andreani Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.18-25

Keywords:

Hotel butik, atribut hotel, kepuasan konsumen, minat menginap kembali

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengamati pengaruh dari atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Responden adalah 115 konsumen yang pernah menginap di hotel butik (Hotel Majapahit, Artotel, dan Town Square Hotel) di Surabaya dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan dianalisa menggunakan metode PLS. Penelitian menunjukkan bahwa atribut hotel butik berpengaruh positif signifikan, baik terhadap kepuasan konsumen maupun minat menginap kembali. Meski demikian, kepuasan konsumen sebagai variabel perantara justru memiliki pengaruh kecil pada hubungan antara atribut hotel butik terhadap minat menginap kembali. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan kepuasan konsumen bukan hal utama tetapi atribut hotel butik adalah hal terpenting yang menyebabkan konsumen mengunjungi hotel kembali

References

Ahmad, N. F., Hemdi, M. A., & Othman, D. N. (2017). Boutique hotel attributes and guest behavioral intentions. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts,9(2), 257-266.

Aretta, D. D., & Hudrasyah, H. (2014). Evaluating consumer's perceived value of urban boutique hotel uniqueness towards willingness to pur¬chase intention case study: Artotel Jakarta. Journal of Business and Management,3(4), 447-455.

Baniya, R., & Thapa, P. (2017). Hotel attributes infuencing international tourists' satisfaction and loyalty. Journal of Tourism and Hospitality Education, 7, 45-61.

Chan, S. (2018). Factor affecting revisit intention with customer satisfaction as a mediating variable in eco friendly resort. Jurnal Manajemen Dan Inovasi,9(1), 1-19.

Chun, C. H., Szu, W. Y., Cheng, Y. L., & Te, P. C. (2014). The relationship among brand equity, customer satisfaction, and brand resonance to repurchase intention of cultural and creative industries in Taiwan. The International Journal of Organizational Innovation,6(3), 106-120.

Goh, Y. N. (2015). Investigating revisit intentions for the boutique hotels of Penang-A UNESCO world heritage site. Asian Social Science, 11(4), 126-134.

Jones, D. L., Day, J., & Quadri-Felitti, D. (2013). Emerging definitions of boutique and lifestyle hotels: A Delphi Study. Journal of Travel & Tourism Marketing, 30(7), 715-731.

Kangogo, E. J., Musiega, & Manyasi J. (2013). Effect of customer satisfaction on performance of the hotel industry in the western tourism circuit of Kenya. European Journal of Business and Management, 5(14), 87-99.

Kuncoro, M. (2009). Metode riset untuk bisnis & ekonomi, edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Malhotra, N. K. (2012). Basic marketing research: integration of social media. United State of America. Prentice Hall.

Top 10 Boutique Hotel Surabaya, Charming Bou-tique Hotel Surabaya.‎ Retrieved June 18, 2018 from https://www.boutiquehotelsguides.com/ ?ufi2698521&gclid=EAIaIQobChMI1YSU7pC-4wIVEiUrCh147Q8gEAAYASAAEgLZKPD_BwE

Usta, M., Berezina, K., & Cobanoglu, C. (2011). The impact of hotel attributes’ satisfaction on overall guest satisfaction, Scholarworks @UMass Amherst. https://scholarworks.umass.edu/gradconf_hospitality/2011/Presentation/5/

Downloads

Published

2019-08-22

How to Cite

Hanjaya, S., Pranata, M. D., & Andreani, F. (2019). PENGARUH ATRIBUT HOTEL BUTIK TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SURABAYA. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.18-25

Issue

Section

Articles