IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI HOTEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP CITRA MEREK DAN KESETIAAN PELANGGAN

Authors

  • Astrid Livia Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Gladys Gladys Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Serli Wijaya Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.71-81

Keywords:

Corporate social responsibility, citra merek, kesetiaan pelanggan, hotel, Surabaya

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, tuntutan bahwa kehadiran entitas bisnis tidak hanya untuk mengejar keuntungan semata namun harus dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat lokal menjadi semakin tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa apakah CSR yang dilakukan sebuah hotel berpengaruh terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan melaksanakan survei lapangan berbasis kuesioner yang dibagikan kepada 200 responden yang pernah menginap di salah satu dari properti Pop! Hotels di Indonesia. Menggunakan teknik analisa statistik Partial Least Square (PLS), hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan kesetiaan pelanggan. Selain itu, citra pelanggan terhadap merek hotel terbukti menjadi  mediator bagi pengaruh tidak langsung CSR terhadap kesetiaan pelanggan

References

Tauzia Hotel (2017). Retrieved from Pop! hotels: http://www.tauziahotels.com/en-US/Our-Brands/POP!-Hotels

Badan Pusat Statistika. (2016). Surabaya dalam angka. Surabaya: Author.

Che, H. L., Miin, J., Li, C. H., & Kuo, L. W. (2015). Online hotel booking: The effects of citra merek, price, trust, value, on purchase intentions. Asia Pacific Management Review, 20, 1-9.

CSR-Equal Chance. (2012). Retrieved from www.tauzia.com/index/csr

Du, S. B. (2011). Corporate social responsibility and competitive advantages: Overcoming the trust barrier. Management Science, 1528-1545.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, N. (2011). Corporate social responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haliwela, N. S. (2013). Peran tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh perusahaan (corporate social responsibility) dalam mendorong pembangunan di maluku. Retrieved from http://fhukum. unpatti.ac.id/artikel/pembangunan-hukum-di-maluku/275-peran-tanggung-jawab-sosial-dan-lingkungan-oleh-perusahaan-corporate-social-responsibility-dalam-mendorong-pembangun¬an-di-maluku#_ftn1

Hasan, I. (2004). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurriyati, R. (2008). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jogiayanto. (2011). Konsep dan aplikasi structural equation modelling berbasis varian dalam pene¬liti¬an bisnis. Yogyakarta: STIM YKPN.

Kandampully, J., & Dwi, S. (2003). The role of customer satisfaction and image in gaining kesetiaan pelanggan in hotel industry. Journal of Hospitality & Leisure Marketing, 10(12), 1-24.

Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran (12th ed.). Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility: Doing the most good for your company and yur cause. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.

Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitaif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. (Ed.3). Yogyakarta: UPP STIM YKPM.

Mark, D., Grahame, R., & Hammond, D. K. (2003). Kesetiaan pelanggan and kesetiaan pelanggan program. Journal of Consumer Marketing, 20(4), 294-316.

Martinez, P., Perez, A., & Bosque, R. (2013). CSR influence on hotel citra merek and brand loyalty. Academia Revista Latinoamericana de Administracion, 27(2), 267-283.

Ogba, I. E., & Tan, E. (2009). Exploring the impact of citra merek on kesetiaan pelanggan and commitment in China. Journal of Technology Manage¬ment in China, 4(2), 132-144.

Sarosa, W., Amri, M. (2008). CSR for better life: Indonesian context CSR untuk penguatan kohesi sosial. Jakarta: Indonesia Business Links

Singh, K. S., Islam, M. A., & Ariffin, K. H. (2014). The relationship between corporate social responsibility and citra merek. Advances in Environmental Biology, 8(9), 430-435.

Stephanie, S., & Chandra, D. (2012). Analisa pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap customer loyaty dengan citra merek seba¬gai variabel intervening. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sugiyono. (2013). Statistik non-parametrkia untuk penelitian cet. 11. Bandung: Alfabeta.

Yi, Y., & La, S. (2004). What influences the relation¬ship between customer satisfaction and repurchase intention? Investgate the effects of adjusted expectations and kesetiaan pelanggan. Psychology & Marketing, 21(5), 351-373.

Downloads

Published

2020-02-27

How to Cite

Livia, A., Gladys, G., & Wijaya, S. (2020). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI HOTEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP CITRA MEREK DAN KESETIAAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), 71-81. https://doi.org/10.9744/jmp.5.2.71-81