PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM

Authors

  • Nadya Valentina Sampurno Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia
  • Christy Pratiwi Ciakrawinata Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia
  • Regina Jokom Program Manajemen Perhotelan, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.36-44

Keywords:

Karakteristik selebriti endorser, minat beli, kesadaran merek

Abstract

Penggunaan selebriti endorser di Instagram sebagai alat pemasaran hotel menjadi semakin populer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik selebriti endorser di Instagram terhadap minat beli melalui kesadaran merek hotel. Penelitian ini melibatkan sebanyak 304 pengikut dari tiga selebriti endorser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik selebriti endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli melalui kesadaran merek. Akan tetapi, pengaruh langsung dari karakteristik selebriti endorser terhadap minat beli lebih besar dibandingkan jika harus melalui kesadaran merek terlebih dahulu

References

Chi, H., Yeh, H. R., & Tsai, Y. C. (2011). The influences of perceived value on consumer purchase intention: the moderating effect of advertising endorser. Journal of International Management Studies, 6(1), 1-6.

Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). The impact of brand awareness on consumer purchase intention: The mediating effect of perceived quality and brand loyalty. The journal of international management studies, 4(1), 135-144.

Darmansyah, D., Muhartini, S., & Syamsul, B. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 12(2), 236.

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2017). Exploring the credibility of online celebrities' Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1-7.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Freeman, K. S., & Chen, C. C. (2015, May). Wither the impact of celebrity endorsement. In International Conference on Communication, Media, Technology and Design (pp. 661-676).

Freire, O., Quevedo-Silva, F., & Scrivano, D. S. (2018). The effectiveness of celebrity endorsement in aspiring new celebrities: Examining the effects of brand, congruence, charisma and overexposure. RAUSP Management Journal, 53(3), 289-303.

Ghozali, I. (2014). Structural equation modelling model alternative dengan partial least square (PLS) edisi 4. Semarang: Universitas Dipone¬goro.

Gunawan, F. A. (2014). Analisi Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-14.

Hansudoh, S. A. (2012). Pengaruh celebrity endorse-ment terhadap purchase intention melalui perceived value pada produk top coffee di Sura-baya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1(5).

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkat-kan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Kadata. (2018, februari 9). Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia. februari 9, 2018. https:// databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-indonesia (accessed agustus 27, 2018).

Kadata. (2018, Desember 13). Usia Produktif Mendominasi pengguna Internet. Desember 13, 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet (accessed agustus 31, 2018).

Kotler, P., Keller, K. L., (2016). Marketing management 15 global edition. England: Pearson Education.

Muda, M., Musa, R., Mohamed, R. N., & Borhan, H. (2014). Celebrity entrepreneur endorsement and advertising effectiveness. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 130, 11-20.

Nainggolan, K. (2017). Pengaruh celebrity endorser, brand awareness dan harga produk terhadap minat beli mie suksess (Studi Empiris pada Penduduk Kecamatan Pinang-Kota Tangerang). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 146-155.

Octaviasari, S., & Widiyanto, I. (2011). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Efek Komunitas Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Terhadap Merek Kartu Seluler Prabayar Mentari di Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica sebagai celebrity endorser terhadap pembentukan brand image Honda Vario. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(1), 11.

Royan, F. M. (2005). Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Sharon, F., Meilinda, L., Wijaya, S., & Iskandar, V. (2018). Pengaruh karakteristik celebrity endorser melalui media sosial Instagram terhadap minat beli konsumen pada restoran dan cafe di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 6(2).

Soehadi, A. W. (2005). Effective branding: Konsep dan aplikasi pengembangan merek yang sehat dan kuat. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Yang, W. (2018). Star power: the evolution of celebrity endorsement research. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 30(1), 389-415.

Downloads

Published

2019-08-22

How to Cite

Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 36-44. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.36-44

Issue

Section

Articles