DOI: https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.9-17

ATRIBUT-ATRIBUT YANG DINILAI PENTING OLEH WISATAWAN DOMESTIK DAN WISATAWAN CINA DALAM MEMILIH HOTEL DI BALI

Alexandra Carina Saksana, Sienny Thio

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang dinilai penting oleh wisatawan domestik maupun wisatawan Cina dalam memilih hotel di Bali. Sebanyak 598 kuesioner dikumpulkan dan hanya 565 kuesioner diolah lebih lanjut dengan menggunakan analisa statistik deskriptif. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa atribut kamar seperti kamar dan kamar mandi yang bersih serta ketersediaan amenities merupakan atribut yang dianggap paling penting bagi wisatawan Indonesia dan wisatawan Cina, diikuti dengan atribut keseluruhan (seperti reputasi, lokasi dan harga kamar), atribut layanan dan fasilitas (seperti ketersediaan wifi, staf hotel yang sopan dan ramah) dan atribut makanan dan minuman (seperti kualitas makanan yang baik dan harga makanan yang terjangkau). Bagi wisatawan Cina, lokasi hotel yang aman dan kamar hotel yang bersih menjadi indikator yang dianggap paling penting ketika memilih hotel di Bali. Sedangkan bagi wisatawan Indonesia, kebersihan kamar hotel dan kamar mandi dianggap sebagai aspek yang paling penting

Keywords


Bali; hotel attributes; wisatawan domesik; wisatawan Cina

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2018, June 3). Number of domestic visitor to Bali by month, 2004-2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Retrieved September 19, 2018, from https://bali. bps.go.id/statictable/2018/02/09/29/kunjungan-wisatawan-domestik-ke-bali-per-bulan-2004-2017.html

Bank Indonesia. (2018, August 28). Penguatan sinergi kebijakan untuk mempercepat pengembangan sektor pariwisata sebagai sumber devisa negara. Bank Indonesia. Retrieved September 20, 2018, from https://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Penguatan-Sinergi-Kebijakan-untuk-Mempercepat-Pengembangan-Sektor-Pariwisata.aspx

Dolnicar, S., & Otter, T. (2003). Which hotel attributes matter? A review of previous and a framework for future research. Proceedings of the 9th Annual Conference of the Asia Pacific Tourism Association (APTA),1, 176-188.

Gilbert, D., & Tsao, J. (2000). Exploring Chinese cultural influences and hospitality marketing relationships. International Journal of Contem-porary Hospitality Management,12(1), 45-53.

Irawan, M. H. (2014). Analisa preferensi wisatawan domestik asal Surabaya dalam pemilihan akomodasi di Bali. (TA No. 35010187/MAN/2014). Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Jones, M. A., Mothersbaugh, D. L., & Beatty, S. E. (2000). Switching barriers and repurchase inten-tions in services. Journal of Retailing,76(2), 259-274.

Kementrian Pariwisata. (2018). Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara menurut pintu masuk dan kebangsaan. Kementrian Pariwisata. Re-trieved September 12, 2018, from http://www. kemenpar.go.id/userfiles/12_Lapbul Des 2017 (Angka Revisi).pdf

Lewis, R. C. (1983). Getting the most from marketing research. The Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly,24(3), 81-85.

Li, X., Lai, C., Harrill, R., Kline, S., & Wang, L. (2011). When east meets west: An exploratory study on Chinese outbound tourists’ travel expectations. Tourism Management, 32(4), 741-749.

Musanef (1996). Manajemen usaha pariwisata di Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung.

Petriella, Y. (2018, October 22). Generasi milenial berpotensi sumbang 70% kunjungan wisata domestic. Bisnis.com. Retrieved Maret 28, 2019 from https://ekonomi.bisnis.com/read/2018 1022/ 12/851764/generasi-milenial-berpotensi-sumbang-70-kunjungan-wisata-domestik

Prodjo, W. A. (2017, November 18). 10 Destinasi "Bali Baru", 4 destinasi jadi prioritas. Kompas Travel. Retrieved September 20, 2018, from https://travel.kompas.com/read/2017/11/18/122700027/10-destinasi-bali-baru-4-destinasi-jadi-prioritas

Qu, H., & Li, I. (1997). The characteristics and satisfaction of Mainland Chinese visitors to Hong Kong. Journal of Travel Research,35(4), 37-41.

Rhee, H. T., & Yang, S. B. (2015). How does hotel attribute importance vary among different tra-velers? An exploratory case study based on a conjoint analysis. Electronic Markets, 25(3), 211-226.

Sejati, I.K. (2019). Pahami berbagai karakter wisatawan Indonesia. Retrieved Maret 28, 2019 from https://direktori-wisata.com/pahami-bebagai-karakter-wisatawan-indonesia/

Sihite, R. (2000). Tourism industry. Surabaya: SIC.

Soekadijo, R. G. (1996). Anatomi pariwisata: Memahami pariwisata sebagai "Systemic Linkage". Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi.

TripAdvisor. (2018). Best destinations in the world - Travelers' Choice Awards. TripAdvisor. Retrieved September 11, 2018, from https://www. tripadvisor.com/TravelersChoice-Destinations

Tsai, H., Yeung, S., & Yim, P. H. (2011). Hotel selection criteria used by Mainland Chinese and foreign individual travelers to Hong Kong. International Journal of Hospitality & Tourism Administration,12, 252-267.

Yao, H. Q. (2006). Analysis of the consumption behavior of Chinese outbound tourists (中国出境旅游者消费行为的分析). Group Economy,29, 78-80.

Yustiana, K. (2018, April 04). Pasar wisatawan domestik yang kian menjanjikan dunia perhotelan. Travel News. Retrieved Maret 28, 2019 from https://travel.detik.com/travel-news/d-3953704/ pasar-wisatawan-domestik-yang-kian-menjanjikan-dunia-perhotelan

Zhou, L., Ye, S., Wu, M., & Pearce, P. L. (2014). Refreshing hotel satisfaction studies by re-configuring customer review data. International Journal of Hospitality Management, 38, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.9-17



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Jurnal Manajemen Perhotelan, ISSN: 0216-6283

shopify visitor statistics
View My Stats