https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/issue/feed Jurnal Manajemen Perhotelan 2024-04-01T16:10:02+07:00 Jurnal Manajemen Perhotelan jmhotel@petra.ac.id Open Journal Systems <p><span class="style1">Jurnal Manajemen Perhotelan (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1180434627" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 0216-6283</a>, <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1566447515" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2685-9408</a>) is a scientific journal from the Hotel Management Program at Petra Christian University, Indonesia, which is published twice a year in <strong>March</strong> and <strong>September</strong>. Articles in the journal are scientific studies in fields that support the management and operations of the hotel industry. Submitted articles are articles that are not being submitted to other journals/publications and have never been published in other journals or general publications.</span></p> https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28157 PENERAPAN SISTEM PELACAK RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) UNTUK INVENTORI PENGADAAN BARANG OLEH PURCHASING HOTEL: SOLUSI MENGATASI KESALAHAN DAN MENINGKATKAN EFISIENSI 2024-04-01T16:10:02+07:00 Sepandan Pangastuti pangastuti.sepandan@gmail.com <p>Industri perhotelan merupakan salah satu yang paling krusial dalam meningkatkan pendapatan negara, industri ini akan terus berkembang, begitu pula dengan pengelolaan pembelian kebutuhan hotel sehingga pengelolaan inventory dapat dilakukan secara efisien dan akurat. Kesalahan dalam proses ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat fatal seperti kerugian finansial, ketidak puasan tamu, dan terhambatnya operasional hotel. Penerapan sistem pelacak dengan bantuan teknologi <em>Radio Frequency Identification</em> (RFID) menawarkan solusi yang inovatif untuk mengatasi permasalahan pada hotel. Jurnal ini dibuat untuk menganalisis dampak penerapan penerapan sistem pelacak dengan bantuan teknologi <em>Radio Frequency Identification</em> (RFID) terhadap efisiensi dan akurasi manajemen inventori pembelian hotel. Jurnal ini menggunakan metode penelitian studi kasus pada sebuah hotel ternama di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem pelacak dengan bantuan teknologi <em>Radio Frequency Identification</em> (RFID) dapat membantu hotel meningkatkan efisiensi dan mngetasi kesalahan manajemen inventori pembelian. Teknologi <em>Radio Frequency Identification</em> (RFID) saat ini sudah banyak digunakan pada dunia industri maupun perusahaan. Teknologi RFID ini memanfaatkan gelombang radio untuk mengidentifikasi dan melacak suatu objek yang sudah dilengkapi dengan tag RFID secara otomatis. Tag RFID ini dapat berupa label kecil memiliki ukuran bervariasi tergantung pada fungsinya, tetapi umumnya tipis dan fleksibel terdiri dari dua komponen utama yang&nbsp; ditempel pada suatu objek. Penerapan sistem pelacak menggunakan teknologi RFID ini juga banyak diadopsi pada industri perhotelan, salah satunya pada divisi <em>purchasing</em> karena dapat membantu dalam penerimaan barang, manajemen stok, memberikan informasi jika stok minimum, pembayaran, dan lainnya. &nbsp;Dengan demikian, sistem pelacak dengan bantuan teknologi dalam inventori pembelian hotel menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan yang ada.</p> <p>&nbsp;</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28139 PENERAPAN KECERDASAN BUATAN UNTUK INVENTORI PENGADAAN BARANG OLEH PURCHASING HOTEL: SOLUSI MENGATASI KESALAHAN DAN MENINGKATKAN EFISIENSI 2024-03-31T01:50:17+07:00 Sepandan Pangastuti pangastuti.sepandan@gmail.com <p>Industri perhotelan merupakan salah satu yang paling krusial dalam meningkatkan pendapatan<br>negara, industri ini akan terus berkembang, begitu pula dengan pengelolaan pemeblian<br>kebutuhan hotel sehingga pengelolaan inventory dapat dilakukan secara efisien dan akurat.<br>Kesalahan dalam proses ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat fatal seperti kerugian<br>finansial, ketidak puasan tamu, dan terhambatnya operasional hotel. Penerapan kecerdasan<br>buatan menawarkan solusi yang inovatif untuk mengatasi permasalahan pada hotel. Jurnal ini<br>dibuat untuk menganalisis dampak penerapan kecerdasan buatan terhadap efisiensi dan akurasi<br>manajemen inventori pembelian hotel. Jurnal ini menggunakan metode penelitian studi kasus<br>pada sebuah hotel ternama di Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan<br>analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kecerdasan buatan<br>dapat membantu hotel meningkatkan efisiensi dan mngetasi kesalahan manajemen inventori<br>pembelian. Kecerdasan buatan dapat membantu hotel memprediksi permintaan bahan baku dan<br>persediaan, mengotomatisasi proses pemesanan dan pengadaan, serta mengoptimalkan tingkat<br>stok. Dengan demikian, penerapan kecerdasan buatan dalam inventori pembelian hotel<br>menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kecerdasan buatan dapat<br>membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kontrol dalam pengelolaan inventori hotel,<br>sehingga meningkatkan pofesionalitas layanan tamu, dan daya saing hotel.</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28138 PEMILIHAN ALAT DAN BAHAN PEMBERSIH UNTUK TEMPAT UMUM BASAH DAN KERING PADA HOUSEKEEPING 2024-03-30T21:18:33+07:00 Sepandan Pangastuti pangastuti.sepandan@gmail.com <p>Sebuah penilitian dengan judul “Pemilihan Bahan Alat dan<br>Pembersih Untuk Tempat Umum Basah dan Kering Pada Housekeeping”.<br>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemilihan bahan dan<br>alat pembersih yang cocok untuk diaplikasikan pada. Kenyamanan yang<br>dirasakan oleh pengunjung menjadi salah satu kriteria hotel tersebut<br>berkulitas dan layak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif<br>melalui studi literatur dengan mencari artikel-artikel, jurnal, atau makalah<br>sebagai bahan penelitian yang relevan dan mendukung untuk<br>dikembangkan menjadi sebuah penelitian yang utuh. Dalam<br>perengertiannya hotel merupakan suatu bangunan yang menyediakan<br>akomodasi makanan dan minuman dan jasa lainnya yang dikelola secara<br>komersial. Pada industri perhotelan ini ada banyak departemen yang<br>bekerja mengatur dan mengontrol, salah satunya pada departemen<br>Hosekeeping. Housekeeping merupakan salah satu departement yang<br>memiliki tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga hotel,<br>seperti membersihkan setiap sudut ruangan, memasak, mengurus tagihan<br>serta berbelanja. Dalam melakukan suatu pekerjaan housekeeping<br>dilakukan dengan Standart Operasional dan Prosedur (SOP), sehingga Hal<br>ini dapat membuat pekerjaan menjadi maksimal dan mengurangi keluhan<br>dari tamu. Oleh karena itu sanitasi harus diperhatikan dengan baik agar<br>dapat dinikmati dan tamu bertahan untuk tinggal di hotel. Hasil dari<br>penelitian ini berupa suatu informasi yang dijelaskan secara detail<br>menegnai pemilihan alat dan bahan pembersih yang cocok untuk<br>diaplikasikan pada tempat umum yang sedang basah ataupun kering.<br>Dengan adanya penulisan artikel ini diharapkan dapat menjadi suatu<br>informasi tertulis yang dapat dipahami oleh siapapun</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28133 PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM STRATEGI DIGITAL REBRANDING PADA HOTEL 2024-03-28T00:55:57+07:00 ROOSA ANNISA roosadatabase@gmail.com <p><em><span style="font-weight: 400;">Movenpick Hotel Surabaya City has officially rebranded in March 2023 by raising the star specification to a five-star hotel. The hotel seeks to improve its brand reputation in the eyes of customers by implementing various marketing and promotional approaches, including websites, online travel agencies, sales calls and social media. Social media marketing allows customers to have a better understanding of the quality of Movenpick Hotel Surabaya City. Movenpick hotel Surabaya City uses Instagram as a social media platform, but many customers do not know that the hotel has changed its name to Movenpick hotel Surabaya City. This study identifies the role of Instagram as a digital platform in a public relations strategy in the hospitality industry that focuses on customer relations. Given that everything is now digitised and the high number of Indonesian social media users, interactions on Instagram can help identify hotel and guest relationships. To generate data, this research will be conducted using qualitative methods, namely interviews with the most relevant sources. The purpose of this study is to see how the use of social media affects the desire to purchase goods along with brand knowledge and perceived good quality as intervention variables at Movenpick Hotel Surabaya City. The study shows that Movenpick Hotel Surabaya City's Instagram is not effective for promoting. This is due to unattractive and monotonous images, lack of self-produced content, and underutilization. Instagram as a social media platform used for promotion is underutilised as a marketing strategy. Recommendations from researchers to maximise promotions using Instagram social media include using a music platform as a background, increasing the number of employees working, and considering upload times according to the intended target market.</span></em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28131 Pengelolaan Sistem Reservasi Hotel Dengan Aplikasi Mobile Berbasis Fitur Real-Timebooking 2024-03-27T15:42:23+07:00 ZELA SAHAQ NURFITRIYA zela.sahaq.nurfitriya-2021@vokasi.unair.ac.id <p>The aim of this research is to develop a mobile application-based hotel reservation maintenance system with real-time booking features that can help hotel owners manage room reservations efficiently and make it easier for customers to make room reservations online. The research method used in this research is the literature review study method. The research results show that the development of a mobile application-based hotel reservation maintenance system with real-timebooking features can help hotel owners manage room reservations efficiently and make it easier for customers to make room reservations online. In application development, the Scrum method is used which allows faster and more flexible application development. The research results show that customers like the real-timebooking feature because it makes it easier for them to search for available hotel rooms and make reservations directly. In addition, the research results also show that a mobile application-based hotel reservation maintenance system with real-timebooking features can increase customer satisfaction and reduce reservation errors.</p> <p>&nbsp;</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28129 penggunaan Internet of Things Penggunaan Internet of Things (Internet of Things) dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional dan Pengalaman Pelanggan di Departemen F&B Hotel 2024-03-26T19:57:59+07:00 Fatimatul Mufaridah mufarida1602@gmail.com Diva Adisty Listiana diva.adisty.listiana-2021@vokasi.unair.ac.id Bambang Suharto bambang.suharto@vokasi.unair.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan <em>internet of things</em> dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan di departemen <em>food and beverage</em> di industri perhotelan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa jurnal ilmiah, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik pembahasan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa telah banyak industri hotel yang menerapkan <em>internet of things</em>, termasuk pada departemen <em>food and beverage</em>. Departemen <em>food and beverage</em> dapat memberikan kualitas produk dan layanan yang baik dengan bantuan <em>internet of things</em>. Dalam departemen <em>food and beverage</em>, pengintegrasian <em>internet of things</em> berperan penting dalam efisiensi operasional, kualitas produk, serta menjaga kualitas rantai pasokan makanan. Penerapan <em>Internet of Things</em> pada departemen <em>food and beverage</em> menggunakan sensor yang dapat membantu menjaga kualitas dan spesifikasi bahan baku dan produk akhir. Hotel pintar dapat memberikan pengalaman cerdas yang baru bagi pelanggan. Pengalaman baru yang menyenangkan merupakan hal yang sangat penting ketika pelanggan mendapat manfaat dari penerapan teknologi ketika menginap di hotel. Dalam industri perhotelan pengalaman dan kepuasan tamu menjadi hal yang utama. Implikasi dari <em>internet of things</em> berpengaruh besar terhadap kesuksesan industri hotel, terutama dalam mewujudkan hotel pintar yang memiliki keunggulan yang kompetitif.</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28126 VHP adalah solusi teknologi yang IMPLEMENTASI PENERAPAN VHP PADA DEPARTEMENT FOOD AND BEVERAGE DALAM UPAYA EFISIEN KERJA 2024-03-26T09:17:43+07:00 Aprilia Eka Hariati aprilia.eka.hariati-2021@vokasi.unair.ac.id <p>Penelitian ini membahas tentang implementasi dan penerapan Virtual Hotel <br>Platform (VHP) pada Departemen Food and beverage sebagai strategi untuk meningkatkan <br>efisiensi kerja. VHP adalah solusi teknologi yang bertujuan untuk mengoptimalkan <br>operasional di industri perhotelan. Departemen Food and beverage di hotel seringkali <br>menjadi pusat kegiatan dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Oleh karena itu, <br>penerapan VHP di dalamnya diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap <br>produktivitas dan efisiensi kerja. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman <br>tentang potensi manfaat implementasi VHP dalam konteks Food and beverage di industri <br>perhotelan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa hotel-hotel dapat <br>mempertimbangkan penerapan VHP sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi <br>operasional, meningkatkan pelayanan kepada tamu, dan mengoptimalkan pengelolaan <br>sumber daya. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengukur dampak jangka <br>panjang dari penerapan VHP serta faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi ini di <br>berbagai tingkatan organisasi.<br>Kata kunci : Sistem, VHP, Hotel</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28125 Penerapan Internet of Things Pada Manajemen Housekeeping untuk Kelancaran Pengelolaan Kamar 2024-03-25T19:29:30+07:00 Riswan Rama Khairudin riswanrk20@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Dalam dunia perhotelan teknologi berkembang siring berjalannya waktu. Penggunaan teknologi modern dan sudah banyak hotel yang menggunakan sistem digital dalam pengoperasiannya. Industri pariwisata terus berkembang. Industri perhotelan akan bersaing dalam hal kecepatan dan pelayanan. Seiring berkembangnya teknologi digital, cara hotel bersaing pun semakin berubah. Perusahaan modern menggunakan sistem reservasi online yang terintegrasi dengan agen. Hal ini memungkinkan hotel untuk mengakomodasi penghuni kamar dengan lebih cepat. Oleh karena itu, transformasi digital pada industri perhotelan menjadi suatu keharusan. Penggunaan teknologi IoT di kamar hotel dapat memberi pelanggan perangkat yang menghubungkan segalanya mulai dari penerangan hingga pemanas dan AC, sehingga memungkinkan mereka mengontrol semuanya dari satu tempat. Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus (Efendi, 2018). Metode penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan cara mempelajari, meneliti, dan menelaah berbagai literatur, buku, dan jurnal terkait dengan topik pembahasan mengenai <em>Internet of Things </em>serta bahan untuk penyusuan dalam penelitian ini. Hasil penelitian Begitu banyak manfaat IoT yang dapat digunaan tetapi juga masih rentan karena IoT terhubung melalui internet IoT juga bisa diserang. Kenyamanan yang diberikan oleh IoT diimbangi dengan kemudahan penjahat dunia maya untuk menyerang keamanan IoT yang digunakan oleh pengguna. Hal ini dapat membuat data-data hotel bocor akibat rentan diretas Serangan siber terhadap IoT dibedakan menjadi tiga jenis. Serangan peretasan adalah serangan di mana peretas hanya memiliki akses ke perangkat lunak IoT. Lalu ada serangan Shack, yang merupakan serangan perangkat keras berbiaya rendah. Sistem keamanan IoT bisa dikatakan sukses apabila dibutuhkan waktu yang lama atau biaya yang mahal untuk dimasuki oleh orang asing.</p> <p>Kata Kunci<strong>: </strong>Internet of Things, Housekeeping</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>In the world of hospitality, technology develops over time. The use of modern technology and many hotels use digital systems in their operations. The tourism industry continues to grow. The hotel industry will compete in terms of speed and service. As digital technology develops, the way hotels compete is increasingly changing. Modern companies use online reservation systems that are integrated with agents. This allows hotels to accommodate room occupants more quickly. Therefore, digital transformation in the hotel industry is a necessity. Using IoT technology in hotel rooms can provide customers with devices that connect everything from lighting to heating and air conditioning, allowing them to control everything from one place. Internet of Things (IoT) is a concept that aims to expand the benefits of continuously connected internet connectivity (Efendi, 2018). This research method carries out data collection by studying, researching and reviewing various literature, books and journals related to the topic of discussion regarding the Internet of Things as well as materials for this research. Research results There are many benefits of IoT that can be used but it is still vulnerable because IoT is connected via the internet. IoT can also be attacked. The convenience provided by IoT is balanced by the ease with which cybercriminals can attack the security of the IoT used by users. This can cause hotel data to leak due to being vulnerable to being hacked. Cyber ​​attacks on IoT are divided into three types. A hacking attack is an attack where the hacker only has access to the IoT software. Then there is the Shack attack, which is a low-cost hardware attack. An IoT security system can be said to be successful if it takes a long time or is expensive for foreigners to enter.</em></p> <p><em>Keywords: Internet of Things, Housekeeping</em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28123 Penerapan Aplikasi VHP Berbasis Sistem Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Hotel 2024-03-24T14:39:01+07:00 Ricki Farhan Muhamad mrickif@gmail.com <p><em>Current technological advances make it easier for every company to carry out its operational activities, this is due to the existence of reliable ERP systems and VHP applications. Enterprise resource planning ERP systems, are software systems designed to integrate and manage various business processes within a company. which is in the form of a VHP (Visual Hospitality Program) application, namely the Royal Regantris Cendana Hotel. The aim of using this application is for the company to create convenience for each department in carrying out operations. Therefore, the author wants to apply a qualitative method in the form of a literature study. With the VHP system at Royal Regantris Cendana, it is hoped that it can carry out operations effectively and efficiently. After carrying out the research method, the author can conclude that it cannot be known that the software system certainly has advantages and disadvantages. However, to date, the use of the VHP system in the company has brought success in completing operational activities quite well. Because the benefits of the VHP system contribute to increasing the operational efficiency of each department, so that projects and activities run smoothly and bring positive developments to the company. </em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28121 Peran Penting System Point of Sales Berbasis Digital dalam Menunjang Operasional Hotel 2024-03-24T14:09:21+07:00 Ardianto Prasetyo ardiantoprasetyo98@gmail.com <p><em>The aim of this research is to find out how important the influence of a digital-based system is in supporting the effectiveness of a hotel's operations, resolving all forms of problems or obstacles in daily operational processes and making it easier to manage the placement of human resources according to the job desk provided. The effectiveness of this system depends on the ability of human resources to optimize the performance of this system so that problems do not occur that will affect hotel operations. Research in this journal uses qualitative methods with secondary data that is often found in the continuity of hotel operations. The results of this research are able to provide knowledge that the digital system in a hotel is closely related to existing work and can create new ideas and innovations to create a more complex digital-based system that is useful for supporting hotel operations. The hope is that it can become material for evaluating system performance in a hotel. hotels are running as they should or require more complex development stages so they have a vital role in the hotel industry.</em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28105 SISTEM DIGITAL Peran Sistem Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Hotel: Kajian Penjualan Kamar dan Event MICE 2024-03-20T15:39:31+07:00 Dzaki Fathurrahman dzakifathurrahman27@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Sistem digital dalam hotel, yang mencakup teknologi digital seperti perangkat keras dan perangkat lunak, bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan pengalaman tamu yang modern, dan mengoptimalkan proses seperti reservasi, manajemen kamar, keamanan, dan pelayanan pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi, sistem ini berupaya meningkatkan kinerja operasional dan daya saing hotel dalam pasar saat ini, dengan harapan mencapai kesuksesan jangka panjang.Sistem digital di hotel memiliki peran krusial dalam meningkatkan efisiensi operasional, pelayanan pelanggan, dan pengelolaan data. Ini termasuk reservasi online, check-in/check-out digital, manajemen inventaris, analisis data pelanggan, keamanan informasi, dan pemasaran digital. Integrasi sistem digital dapat memperbaiki pengalaman tamu dan meningkatkan produktivitas staf.Daya saing dalam penjualan kamar dan </span><em><span style="font-weight: 400;">MICE</span></em><span style="font-weight: 400;"> hotel mencakup kemampuan hotel untuk menarik dan mempertahankan pelanggan di pasar yang kompetitif. Pelayanan berkualitas dan fasilitas yang memadai dianggap sebagai strategi pemasaran efektif, yang dapat memberikan pengalaman memuaskan bagi tamu hotel. Dalam konteks pertumbuhan ekonomi di Indonesia, peningkatan kualitas pelayanan dan persaingan di sektor perhotelan dianggap sebagai langkah penting untuk menarik minat pelanggan dan meningkatkan pencitraan merek hotel.Penjualan kamar dan </span><em><span style="font-weight: 400;">MICE</span></em><span style="font-weight: 400;"> di hotel melibatkan strategi harga yang kompetitif, pelayanan pelanggan berkualitas, fasilitas dan kualitas kamar yang baik, lokasi strategis, pemasaran efektif, ruang pertemuan yang fleksibel, teknologi </span><em><span style="font-weight: 400;">MICE</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang memadai, kemitraan dan jaringan, reputasi online yang baik, serta kreativitas dalam penawaran. Meningkatkan aspek-aspek ini dapat meningkatkan daya saing dan penjualan hotel.Untuk penjualan kamar dan</span><em><span style="font-weight: 400;"> MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition)</span></em><span style="font-weight: 400;">, strategi pemasaran yang efektif dan kerjasama dengan perusahaan atau penyelenggara acara dapat meningkatkan penjualan. Sebutkan paket-paket menarik untuk acara MICE dan promosikan kenyamanan serta fasilitas kamar untuk penjualan kamar. Pemasaran digital dan kolaborasi dengan agen perjalanan juga bisa menjadi langkah yang berguna.</span></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28099 Badriatus Dia Pengaruh Kinerja Human Resources Hotel Movenpick Surabaya Dalam Memanfaatkan Sistem Digital 2024-03-19T13:33:55+07:00 badriatus dia saaddah badriatusdias@gmail.com Bambang Suharto bambang.suharto@vokasi.unair.ac.id Dinda Ayudya Kuncoro dindaayudyak12@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Segala pekerjaan pada zaman modernisasi telah disokong oleh kemajuan sistem digital, pemanfaatan ini juga diterapkan pada industri perhotelan salah satu departemen yang sudah bergantung oleh sistem digital adalah </span><em><span style="font-weight: 400;">Human Resources</span></em><span style="font-weight: 400;">. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam seberapa penting dan fungsi sistem digital untuk operasional HRD. Penelitian ini menggunakkan metode penelitian literature review dan observasi berdasarakan jurnal, buku, artikel dan pengalaman magang 4 bulan di HRD </span><em><span style="font-weight: 400;">Movenpick Hotel Surabaya City. </span></em><span style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran&nbsp; dampak postif sistem digital terhadap kinerja HRD, bahkan database karyawan yang dikelola akan lebih terjaga keamanannya. Sehingga penelitian ini mampu menjadi pijakan awal untuk pengembangan studi lebih lanjut dan dapat memudahkan kinerja HRD dalam mengelola data karyawan.&nbsp;</span></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28098 penggunaan Penggunaan Internet of Things (Internet of Things) dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional dan Pengalaman Pelanggan di Departemen F&B Hotel 2024-03-19T11:01:18+07:00 Fatimatul Mufaridah mufarida1602@gmail.com Diva Adisty Listiana divaaads28@gmail.com Bambang Suharto bambang.suharto@vokasi.unair.ac.id <p><span id="E116">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan </span><span id="E117">internet of things</span><span id="E118"> dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan di departemen </span><span id="E119">food and beverage</span><span id="E120"> di industri perhotelan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa jurnal ilmiah, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik pembahasan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa telah banyak</span><span id="E121"> industri hotel yang</span><span id="E122"> menerapkan </span><span id="E123">internet of things</span><span id="E124">, termasuk pada departemen </span><span id="E125">food and beverage</span><span id="E126">. </span><span id="E127">Departemen </span><span id="E128">food and beverage</span><span id="E129"> dapat memberikan kualitas produk dan layanan yang baik dengan bantuan </span><span id="E130">internet of things</span><span id="E131">. </span><span id="E132">Dalam departemen </span><span id="E133">food and beverage</span><span id="E134">, pengintegrasian </span><span id="E135">internet of things</span><span id="E136"> </span><span id="E137">berperan penting dalam</span><span id="E138"> efisiensi operasional, kualitas produk, </span><span id="E139">serta menjaga kualitas </span><span id="E140">rantai pasokan makanan. Penerapan </span><span id="E141">Internet of Things</span><span id="E142"> pada departemen </span><span id="E143">food and beverage</span><span id="E144"> menggunakan sensor yang dapat membantu menjaga kualitas dan spesifikasi bahan </span><span id="E146">baku</span><span id="E148"> dan produk akhir</span><span id="E149">. </span><span id="E150">Hotel pintar dapat memberikan pengalaman </span><span id="E151">cerdas yang </span><span id="E152">baru bagi </span><span id="E153">pelanggan.</span><span id="E154"> </span><span id="E155">Pengalaman baru yang menyenangkan merupakan hal yang sangat penting ketika pelanggan mendapat manfaat dari penerapan teknologi ketika menginap di hotel. D</span><span id="E156">alam industri perhotelan pengalaman dan kepuasan tamu </span><span id="E157">menjadi</span><span id="E158"> hal yang utama. Implikasi dari </span><span id="E159">internet</span><span id="E160"> of things</span><span id="E161"> berpengaruh besar terhadap kesuksesan industri hotel, terutama dalam mewujudkan hotel pintar yang memiliki keunggulan yang kompetitif.</span><span id="E162"> </span></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28097 Peningkatan PENINGKATAN BRANDING BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI PERHOTELAN 2024-03-19T09:56:05+07:00 Zahra Fedha zafedh1808@gmail.com Diva A'iny Rahmatilla divaainy@gmail.com Bambang Suharto bambang.suharto@vokasi.unair.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan branding dengan memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan strategi pemasaran yang khususnya pada industri perhotelan. Strategi pemasaran dilakukan dengan mengungkap serangkaian strategi yang dilakukan oleh sumber daya manusia dalam mengelola strategi branding dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang relevan yang diarahkan pada dokumen tertulis maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung proses penulisan. Dalam penulisan ini menggarisbawahi bahwa strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan sistem teknologi sangat efisien untuk membangun citra merek hotel yang baik. Seiring berkembangnya waktu, di dalam industri perhotelan, strategi dalam pemasaran digunakan secara maksimal dengan tujuan untuk mengingatkan, mempengaruhi dan mempromosikan kepada seluruh pelanggan tentang fasilitas dan pelayanan hotel yang ditawarkan. Melalui pencitraan merek hotel dengan memanfaatkan teknologi digital seperti melakukan promosi melalui platform media sosial dapat mewujudkan pencitraan merek hotel yang sukses. Kemajuan teknologi digital telah membuka peluang baru untuk berkomunikasi dengan target pasar secara lebih efektif. Industri perhotelan sangat kompetitif, dengan banyaknya hotel yang bersaing untuk menarik perhatian dan minat calon tamu. Branding yang kuat dan terkenal secara online dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan bagi hotel. Teknologi digital memungkinkan hotel untuk berinteraksi secara langsung dengan tamu secara cepat, menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, dan membangun hubungan yang lebih personal melalui berbagai saluran komunikasi online.</span></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/28070 Front Matter (Cover, Editorial, Table of Content) 2024-03-12T09:45:10+07:00 Jurnal Manajemen Perhotelan puslit@petra.ac.id <p>.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27998 Pengaruh Perceived Service Quality dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention pada Scoot Airlines 2024-02-22T09:58:33+07:00 Kartikasari Kartikasari oyudianto@petra.ac.id Yudianto Oentario oyudianto@petra.ac.id <p>Fenomena layanan LCC penting untuk diperhatikan pada masa pasca COVID-19, perubahan jadwal mendadak, penundaan keberangkatan, penyediaan fasilitas khusus bagi penumpang disabilitas serta respon petugas layanan maskapai menjadi hal yang sangat krusial. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh hubungan antara kualitas layanan yang diterima oleh konsumen dan kepuasaan konsumen terhadap minat penggunaan atau pembelian kembali jasa pada maskapai penerbangan. Penyesuai indikator dilakukan dengan istilah dan konteks yang disesuaikan dengan object penelitian. Pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dengan melakukan penyaringan awal untuk mendapatkan responden yang pernah melakukan penerbangan bersama maskapai <em>Scoot airlines</em> dan menyebarkan kuesioner dalam bentuk <em>google form </em>serta dianalisa menggunakan metode PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Cabib Crew</em> memiliki pengaruh yang paling besar pada aspek kualitas layanan serta perlu adanya perhatian lebih terhadap kualitas makanan dan hiburan didalam pesawat. Variabel <em>Perceived Service Quality </em>memberikan pengaruh yang positif terhadap variabel <em>Repurchase Intention </em>dengan melalui mediasi variabel <em>Customer Satisfaction.</em></p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27955 Factors Influencing Customer Switching Intentions in Online Food Delivery: A Perspective of The Push-Pull-Mooring Model 2024-02-09T08:40:15+07:00 Raden Ayu Nurlinda nurlinda@esaunggul.ac.id Chairul Anam nurlinda@esaunggul.ac.id <p>The online food delivery applications born in the digital era have transformed the habits of users in meeting their needs through these platforms. With the convenience of ordering various cuisines from the comfort of their homes, customers experience significant time and energy savings. In this context, service providers must deliver acceptable service quality; otherwise, customers will swiftly switch to competitors offering better value. This research aims to identify the driving, pulling, and anchoring effects on the intention of customers to switch between online food delivery services, utilizing the Push-Pull-Mooring framework to evaluate the relationships between variables. The study employed Structural Equation Modeling of the Partial Least Squares (SEM-PLS) type. The research findings indicate that push effects and pull effects have a positive influence on switching intention, while mooring effects do not positively impact switching intention. Furthermore, the study reveals that mooring effects do not moderate the relationship between push effects, pull effects, and switching intention. These evaluation results can serve as guidance for online food delivery companies, assisting them in enhancing their services to build strong relationships with existing customers and attract new ones.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27954 The Participation of The Indigenous Women’s Association in The Recovery of Cultural Tourism in Bali, Indonesia 2024-02-12T09:49:48+07:00 Ni Ketut Sari Adnyani iamayupurnama99@gmail.com I Gusti Ayu Purnamawati ayu.purnamawati@undiksha.ac.id <p>This research aims to determine the impact of technology transfer, cultural change, and feminist participation in the development of cultural tourism. The research method used is field research with the sampling technique used is random sampling and data collection techniques through document study, observation and interviews. Conducted in cultural tourism villages in Bali Province with a sample of 8 districts and 1 municipality. The research results show that technological transfer and cultural changes do not have a significant effect on the recovery of cultural tourism. On the other hand, participation has a significant effect on tourism recovery. Recovery of cultural tourism in this research; the emphasis is on the growth of tourist villages in cultural tourism. Culture forms the local wisdom of tourist villages which must be preserved and passed down from generation to generation. The participation of indigenous feminists as workers in tourist villages also supports the preservation of religious tourism, customs, culture and traditions in realizing the restoration of Balinese cultural tourism. Cultural changes and the transfer of technology have also changed the mindset of the Balinese traditional community, which was originally steeped in a patriarchal culture to become gender-responsive.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27953 Digital-Based Tourism Village Management with The Concept of Green Economy and Harmonization as Tourism Forces 2024-02-07T08:21:57+07:00 I Gusti Ayu Purnamawati ibelieveinmiracle99@gmail.com Ni Ketut Sari Adnyani sari.adnyani@undiksha.ac.id <p>Digital Village is a program concept that implements government service systems, community services, and community empowerment based on information technology. Blimbingsari is a Tourism Village where the management of tourism is community-based. The type of research used in this research is qualitative research. This study aimed to determine the management of digital-based tourism villages with the concept of green economy in increasing the tourist attraction of Blimbingsari village. Blimbingsari Tourism Village also has its website, which anyone can access anywhere. On the website, the profile of Blimbingsari Village is listed, followed by what tourist attractions are offered and many more things we can access. From several aspects related to the implementation of the green economy, several things have not been able to be implemented by the Blimbingsari Tourism Village to uphold the concept of the Green Economy and harmonization. It needs further attention from related parties so that all these aspects can be fulfilled, and Blimbingsari Tourism Village can fully become a digital-based tourism village with a green economy concept, attract more tourists, and harmonize as a tourism force.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27784 Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya 2024-01-11T15:44:56+07:00 Hanjaya Siaputra tjunhan@petra.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak kualitas makanan, mutu pelayanan, dan persepsi harga terhadap keinginan konsumen untuk melakukan pembelian kembali di restoran XYZ. Penelitian ini menggunakan dasar konsep bauran pemasaran, dengan fokus penelitian pada konsumen restoran XYZ. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner penelitian, dan sebanyak 143 tanggapan diperoleh dari responden. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Temuan dari penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh positif antara kualitas makanan, mutu pelayanan, dan persepsi harga dengan minat pembelian ulang pada pelanggan Restoran XYZ.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27787 Pengaruh Food Quality, Price Fairness, dan Service Quality Terhadap Behavioral Intention di Restoran Dragon Hotpot Surabaya 2024-01-11T15:39:42+07:00 Yohan Gunawan Henuk yohan.gunawan@petra.ac.id <p style="font-weight: 400;">Bisnis jasa makanan saat ini menjadi industri yang dinamis. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah perusahaan jasa makanan di semua subsektor industri, termasuk restoran. Kualitas makanan / <em>food quality, </em>kewajaran harga /<em> price fairness, </em>dan kualitas layanan / <em>service quality </em>diterima menjadi variabel yang sering digunakan dalam meneliti <em>behavioral intention. </em>Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pengaruh dari <em>food quality,</em> <em>price fairness, </em>dan <em>service quality </em>terhadap <em>behavioral intention </em>di Restoran Dragon Hotpot Surabaya. Penelitian ini melibatkan 122 responden perempuan dan laki-laki yang berusia di atas 17 tahun dan pernah makan di Dragon Hotpot Surabaya minimal 1 kali. Pengolaan data kuantitatif menggunakan program <em>Partial Least Square </em>(PLS). Proses analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS melalui dua tahapan utama yaitu evaluasi <em>outer</em> model dan <em>inner</em> model. Dari hasil analisa data, ditemukan bahwa <em>food quality </em>dan <em>price fairness </em>memiliki pengaruh signifikan terhadap <em>behavioral intention </em>sedangkan <em>service quality </em>tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap <em>behavioral intention</em>.</p> 2024-03-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27715 ENHANCING HALIM HOTEL GUEST LOYALTY: STRATEGIES FOR STANDING OUT IN A COMPETITIVE MARKET PLACE 2023-12-27T22:55:14+07:00 Vanilla Gustriza vanillagustriza03@gmail.com <p>In the current era of society 5.0, technological advancements are widely utilized in the hotel industry to offer innovative and creative services that promote and improve the hotel, such as online reservation and check-in, Smart Room, Customer Service, etc. The purpose of this study is to analyze the strategies the hotel uses to maintain guests’ loyalty. This study used a descriptive-qualitative method. The researchers selected two nearby hotels located in Tanjungpinang which are Halim Hotel and Kita Hotel. The researchers choose Halim Hotel as the subject of investigation, since the hotel had received the most visitors in the previous year and they employ a variety of strategies to preserve both the caliber of their hotels and the guest’s loyalty. Based on the investigations the researchers made. To enhance guests’ loyalty, Halim Hotel employs a number of strategies.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords:</strong> Strategies, Technology, Guest Loyalty, Halim Hotel</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27699 The The role of receptionists in providing professional guest services in Novanda Hotel 2023-12-26T10:14:00+07:00 septinia putri Septinia69@gmail.com <p>Hotels are an industry in the form of buildings that are very often visted by people or tourists to stay while on holiday. The hotels provides services and comfortable facilities for its guests. Receptionist services are also part of the hotel industry staff whose job is to help guests from the check-in to check-out process. Therefore, receptionists have a very important role in providing guest services in hotels. In this article, a qualitative descriptive mothod id used using a purpose sampling technique, where in this research, observations, interviews and documentation were carried out directly at the Novanda Hotel. This research also provides information on professionalism as a receptionist and increases supervision and knowledge. This article also adds insight into how to apply receptionist procedures in serving guests so that we can learn properly. The receptionist is also part of the Front Officce so they have duties and responsibilities in serving all guests’ needs during their stay at the hotel.</p> <p>&nbsp;</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27627 Service Quality of Front Office Staff at Grand Kamala Lagoon Hotel Bekasi. 2023-12-16T18:11:03+07:00 fenny pramita pramitafenny106@gmail.com <p>Using the interview approach, this study attempts to characterize the quality of service at Kemala Lagoon Hotel. The hotel is centrally positioned in the city, close to commercial malls and toll routes. The interview approach is used to investigate guest perceptions of hotel service quality. The findings reveal that Hotel Kemala Lagoon not only provides high-quality amenities including as swimming pools, restaurants, and fitness centers, but also has well-trained staff that give courteous and professional services. The findings paint a complete picture of an excellent stay at this hotel and lay the groundwork for constantly enhancing service standards. This study helps to improve our understanding of the elements that determine service quality in the hotel business.</p> <p><br>Keywords: Hotels, Interview, quality, service</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27605 ANALISIS CAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIK CLEANING BATHROOM DENGAN MENGGUNAKAN JOB SHEET DI SMK NEGERI 9 BANDUNG 2024-02-05T15:20:19+07:00 Sarah Salsabila Octaviana sarahsalsabila13.ss@gmail.com <p>Penelitian ini beranjak dari permasalahan dalam mata pelajaran <em>Housekeeping</em> pada proses praktik <em>cleaning bathroom</em> yang perlu adanya penggunaan bahan ajar berupa <em>job sheet</em> dikarenakan peserta didik hanya diberikan modul digital sebagai acuan dalam proses kegiatan praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis capaian hasil belajar praktik <em>cleaning bathroom</em> dengan menggunakan <em>job sheet</em> di SMK Negeri 9 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Perhotelan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 68 orang. Sampel yang digunakan adalah <em>purposive sampling</em>, yaitu peserta didik kelas XI Perhotelan 2 yang berjumlah 33 peserta didik. Instrumen sebagai alat pengumpulan data pada penelitian berupa lembar penilaian praktik berbentuk rubrik penilaian dengan menggunakan skala <em>likert</em>. Hasil penelitian pada praktik <em>cleaning bathroom </em>dengan menggunakan <em>job sheet </em>menunjukkan bahwa capaian hasil belajar sebagian besar peserta didik pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi telah melampaui KKM. Rekomendasi yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini, kiranya guru dapat menggunakan <em>job sheet</em> saat proses pembelajaran praktik sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam pembelajaran dengan menyajikan langkah-langkah kerja yang dapat memberikan manfaat pada peningkatan mutu, proses dan hasil pembelajaran.</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27464 PERAN MEDIASI MEMORABLE TOURIST EXPERINCE DAN SATISFACTION DARI PENGARUH LOCAL FOOD DAN ATTRACTION TERHADAP REVISIT INTENTION 2024-01-11T16:50:16+07:00 Irgi Tyar Muhamad Fadilah 203402158@student.unsil.ac.id <p><em>This study explores the relationship between local food, attraction, memorable tourist experience (MTE), satisfaction, and revisit intention. A total of 367 respondents were obtained by distributing questionnaires through G-form. The sampling technique used was purposive sampling. The data obtained were processed using the structural equation modeling (SEM) method. The results showed the influence of local food and attraction on memorable tourist experience (MTE). Memorable tourist experience (MTE) plays a role as a significant antecedent of satisfaction and mediator the influence of local food and attraction on satisfaction. The effect of satisfaction on revisit intention is also significant.</em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27106 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI HOTEL DI DUSUN SEMILIR 2023-09-10T15:20:46+07:00 Almas Nabili Imanina almasnabili@usm.ac.id Urania Heptanti urania@usm.ac.id Desika Nur Jannah desika@usm.ac.id <p>Dusun Semilir merupakan destinasi wisata baru yang ada di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Semarang. Dusun Semilir mempunyai fasilitas yang cukup bagus untuk ukuran sebuah kabupaten termasuk di dalamnya wahana bermain, atraksi, kuliner dan juga Hotel atau akomodasi yang menunjang. Sebagai salah satu fasilitas yang utama, Hotel di Dusun Semilir merupakan outlet yang cukup diandalkan sebagai penyumbang pendapatan yang utama. Service Quality yang diberikan juga harus sejalan dengan harapan tamu yang berkunjung, dengan efektifitas administrasi yang maksimal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara kepada tamu, pekerja dan pengelola Hotel yang ada di Dusun Semilir</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/27090 Front Matter (Cover, Editorial, Table of Content) 2023-09-07T14:57:28+07:00 Jurnal Manajemen Perhotelan puslit@petra.ac.id <p>.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26837 RESILIENSI KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA HOTEL BARU: PERAN PEMODERASI EFIKASI DIRI KEPEMIMPINAN KEWIRAUSAHAAN 2023-08-01T08:57:30+07:00 Verina Wijaya verina.wijaya@ciputra.ac.id Adrie Oktavio adrie.oktavio@ciputra.ac.id Rizki Adityaji radityaji@ciputra.ac.id Thomas Stefanus Kaihatu thomas.kaihatu@ciputra.ac.id Clarissa Listya Susilo clarissa.susilo@ciputra.ac.id <p>Melandainya pandemi Covid-19 membuat jumlah hotel baru di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Konsekuensinya tingkat persaingan hotel menjadi ketat. Dalam situasi semacam ini, peran pemimpin menjadi krusial. Pemimpin di hotel baru harus mampu menciptakan kinerja hotel dengan baik sehingga tetap dapat bersaing. Studi ini hadir dengan tujuan untuk mengamati keterkaitan pengaruh resiliensi kewirausahaan terhadap kinerja hotel baru. Studi ini juga mencoba melihat bagaimana peran efikasi diri kepemimpinan kewirausahaan dalam memoderasi hubungan resiliensi kewirausahaan dan kinerja hotel baru. Studi ini melibatkan pemimpin top level management dari 101 hotel baru yang ada di provinsi Bali. Hasil olah data menunjukkan bahwa resiliensi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja hotel baru. Demikian pula efikasi diri kepemimpinan kewirausahaan dapat memoderasi secara positif dan signifikan hubungan antara resiliensi kewirausahaan dan kinerja hotel baru. Temuan studi ini berkontribusi dalam memperkaya literatur yang ada saat ini mengingat masih terbatasnya studi semacam ini dalam konteks industri perhotelan di Indonesia.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26784 FACTORS DRIVING GENERATION Z'S USE OF ONLINE FOOD DELIVERY SERVICE AT THE END OF PANDEMIC 2023-08-01T09:00:43+07:00 Amelda Pramezwary kevin.yulius@uph.edu Kevin Gustian Yulius kevin.yulius@uph.edu Vinka P Viensa kevin.yulius@uph.edu Jonathan F Pujangga kevin.yulius@uph.edu <p>Food delivery industry has undergone a significant transformation with the rise of online platforms, appealing to tech-savvy Generation Z. Generation Z was chosen as they are considered the market of the future. This study examines the factors influencing Generation Z's use of online food delivery in Tangerang, during the post-COVID-19 period. Data from 150 Generation Z respondents who used online food delivery services in the past three months were analyzed using IBM SPSS version 25. The study found that perceived usefulness, trust, and time-saving benefits strongly influence Generation Z's intention to use online food delivery. They highly value the practicality, reliability, and efficiency of these platforms. Transparent communication and reliable delivery services are crucial for retaining Generation Z consumers, while highlighting the time-saving advantages is essential to meet their preferences. Surprisingly, factors like ease of use, food safety risk perception, COVID-19 severity, vulnerability, and price-saving benefits had insignificant influence. Understanding these preferences can help service providers, policymakers, and marketers enhance satisfaction and tailor their offerings to meet the needs of Generation Z in the competitive post-pandemic market. Further research is needed to uncover the specific drivers influencing Generation Z's adoption of online food delivery services.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26732 STUDI PERSEPTUAL KEDAI KOPI COFFEE-TO-GO DI SURABAYA MENGGUNAKAN PERSPEKTIF CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY 2023-07-18T17:32:54+07:00 Herodion Verdianto d21210049@john.petra.ac.id Ferry Jaolis ferry.jaolis@petra.ac.id <p>Fenomena makin banyaknya kemunculan pelaku bisnis kedai kopi telah membawa era baru pada industri ini. Di era ini kedai kopi banyak muncul brand kedai kopi dengan konsep Coffee-to-go dimana setiap orang dapat membeli dan membawa kopi ini kemana saja untuk dinikmati. Dengan banyaknya pemain di industri ini akan sulit untuk bersaing dan bertahan di pasar. Melalui penelitian diharapkan dapat memahami atribut apa yang diasosikan konsumen kepada brand kedai Coffee-to-go dan membantu brand berkomunikasi lebih efektif setelah mengetahui atribut apa yang melekat pada brand. Metode pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan data, klasifikasi data, verifikasi data, analisa, dan juga pemberian rekomendasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis konten, analisis kerangka kerja, dan analisis statistik deskriptif yang datanya diperoleh dari hasil kuesioner dan juga wawancara.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26718 ANALISIS KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN TAMU HOTEL NOVOTEL: PENDEKATAN TEXT MINING ATAS ULASAN DARING PADA SITUS WEB TRIPADVISOR 2023-07-18T17:29:52+07:00 Victorya Jap d11190127@john.petra.ac.id Jonathan Hartanto d11190485@john.petra.ac.id Serli Wijaya serliw@petra.ac.id <p>Ulasan daring di internet merupakan gambaran perilaku pasca pembelian yang ditunjukkan oleh konsumen yang harus diperhatikan oleh bisnis di semua sektor termasuk perhotelan. Ulasan daring menjadi sarana bagi tamu hotel membagikan pengalaman menginap dimana bagi manajemen, ulasan daring dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengevaluasi layanan yang diberikan oleh hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu kepuasan dan ketidakpuasan tamu ketika menginap berdasarkan 7 atribut antara lain: <em>hotel</em>, <em>service, room, food and beverage, location, security,</em> dan <em>price/value. </em>Penelitian juga bertujuan mengukur konsistensi layanan yang diberikan hotel dengan <em>brand name</em> yang sama namun berlokasi di kota yang berbeda di Indonesia. Objek yang diteliti adalah lima properti hotel Novotel yang berada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali. <em>Text mining </em>dilakukan atas 1.229 ulasan daring menggunakan platform daring <em>Voyant Tools</em>. Hasil penelitian menemukan bahwa hotel Novotel telah konsisten dalam menjalankan SOP terkait kualitas produk dan layanannya. Atribut <em>service </em>menjadi atribut utama penyebab kepuasan dan keti­dakpuasan tamu.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26409 Lintang Kencono A W Peranan Purchasing dan Receiving dalam Pengadaan Kebutuhan Operasional di Hotel Janevalla Bandung 2023-06-06T23:30:03+07:00 Lintang Kencono Asri Witdodo lintangkasriw@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang evaluasi prosedur pengadaan barang pada Departemen&nbsp;<em>Purchasing &amp; Store Receiving&nbsp;</em>Hotel Janevalla Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui SOP pengadaan barang yang berlaku di departemen<em>&nbsp;purchasing &amp; receiving store</em>&nbsp;, (2) mengidentifikasi penyebab SOP pengadaan barang tidak dilaksanakan dengan benar, (3) memberikan evaluasi mengenai usaha yang dapat dilakukan perusahaan pada prosedur pengadaan barang agar dapat dilaksanakan sesuai dengan SOP yang berlaku..</p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26211 Front Matter (Cover, Editorial, Table of Content) 2023-05-12T13:27:56+07:00 Jurnal Manajemen Perhotelan puslit@petra.ac.id <p>.</p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26210 Front Matter (Cover, Editorial, Table of Content) 2023-05-12T13:25:03+07:00 Jurnal Manajemen Perhotelan puslit@petra.ac.id <p>.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26010 THE ROLE OF CITY’S BRAND EQUITY’S DIMENSION ON TOURIST’S VISIT INTENTION USING FAMILIARITY AS MEDIATION: A STUDY OF TANGERANG CITY INDONESIA 2023-03-17T11:26:53+07:00 Antony Stevanus Purba maria.prathivi@matanauniversity.ac.id Maria Dini Gilang Prathivi maria.prathivi@matanauniversity.ac.id Ririsma Sihombing maria.prathivi@matanauniversity.ac.id <p>The purpose of this study is to determine the extent to which brand equity influences visitor interest to visit Tangerang city as one of the tourism destinations. The majority of empirical studies have proposed that brand recognition and familiarity with a tourist destination city (familiarity) has a positive correlation with the tourist destination's image. This research is to determine how much influence brand equity has using the dimension of brand quality, brand image, brand loyalty, and brand awareness as familiarity used as mediating variable.</p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26009 PENGARUH INTERNET OF THINGS DAN EXPERIENCE TERHADAP REVISIT INTENTION TAMU HOTEL ASTON INN JEMURSARI SURABAYA 2023-03-17T11:17:48+07:00 Eugene Katama Angkasa adrie.oktavio@ciputra.ac.id Adrie Oktavio adrie.oktavio@ciputra.ac.id Devi Rahnjen Wijayadne adrie.oktavio@ciputra.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>internet of things</em> terhadap <em>revisit intention </em>tamu Hotel Aston Inn Jemursari Surabaya dengan <em>experience</em> sebagai variabel mediasi. Hasil analisis <em>PLS-SEM</em> dengan menggunakan data 150 orang tamu hotel menemukan bahwa <em>internet of things</em> mempengaruhi <em>experience</em>, <em>internet of things</em> mempengaruhi <em>revisit intention</em>, <em>experience</em> mempengaruhi <em>revisit intention</em>, dan <em>experience</em> terbukti mampu menjadi mediator dari hubungan antara <em>internet of things</em> dan <em>revisit intention.</em></p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26008 PERSEPSI KEPUASAN TAMU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PARADISE HOTEL GOLF AND RESORT LIKUPANG 2023-03-17T10:44:24+07:00 Steven Yones Kawatak skawatak@unikadelasalle.ac.id Oktavianus Wayan Semuel osemuel@unikadelasalle.ac.id Mega Soputan 18071018@unikadelasalle.ac.id <p>Jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat seiring berkurangnya dampak dari pandemi COVID-19 menyebabkan persaingan hotel-hotel untuk menyediakan kualitas pelayanan yang lebih baik untuk meningkatkan tingkat kepuasan tamu. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi kepuasan tamu Paradise Hotel Golf and Resort terhadap kualitas pelayanan yang disediakan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diperoleh melalui teknik <em>snowball sampling </em>yang kemudian mengisi kuesioner terkait lima dimensi kualitas pelayanan dan indikator-indikator dari setiap dimensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode rentang untuk mengetahui persepsi kepuasan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden sudah merasa sangat puas terhadap Dimensi Bukti Fisik dan Kepastian serta merasa puas dengan Dimensi Keandalan, Daya Tanggap, dan Empati. Secara keseluruhan, responden berpersepsi puas terhadap kualitas pelayanan yang disediakan oleh Paradise Hotel Golf and Resort.</p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/26002 IMPLEMENTATION OF STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE TO IMPROVE THE QUALITY OF NIGHT AUIDT PERFORMANCE AT SOVRANO HOTEL BATAM 2023-06-12T16:31:43+07:00 kurnia sutaarga kurnia.sutaarga212@gmail.com <p><em>Standard Operational Procedure is a guideline and also a standard that is applied by a company to increase effectiveness and also maintain the quality of the work of an employee. The Standard Operational Procedure implemented by Sovrano hotel includes all standard aspects needed in making an SOP because it has carried out all the objectives of the SOP. Management's efforts in carrying out SOP night audits have also been maximized where before carrying out the night audit process there are already structured steps or procedures so that the quality of performance can be maintained and consistent</em></p> Copyright (c) https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25986 THE IMPACT OF WORK-LIFE QUALITY ON HOTEL EMPLOYEE PERFORMANCE 2023-05-09T12:34:26+07:00 Rachel Dyah Wiastuti rwiastuti@binus.edu Stephan Collindes Adi stephan.collindes@binus.ac.id Sarim Sarim sarim@binus.ac.id Basri Rashid basri@uum.edu.my <p>The purpose of this research is to identify the impact of work-life quality on hotel employee performance. This study used a quantitative approach. Primary data was collected through a survey using face- to- face questionnaire to 134 hotel employees. Data were analyzed with descriptive statistics, correlation, and regression using SPSS. The result indicated that work-life quality has a significant influence on employee performance with a value of 34.1 percent, in which both showed a moderate correlation but were significant and positive. This implies that the higher the work-life quality, the higher the employee performance will be, and vice versa. This study implication presents recommendations for the hotel industry specifically on how to keep the company competitive advantage through work-life quality and employee performance. To add, this study also contributes to the human resources literature in the hospitality context.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25979 PERAN MARKETING FOOD INFLUENCER TIKTOK TERHADAP FOLLOWER ENGAGEMENT DAN PURCHASE INTENTION PARA PENGIKUT FEBRYAN DIO RAMADHAN 2023-03-13T15:02:31+07:00 Stanley Haoe d11180130@john.petra.ac.id Jaffet Timothy Ganiwidjaja d11180428@john.petra.ac.id Fransisca Andreani andrea@petra.ac.id <p>Populernya media sosial, serta menyatunya media sosial ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat membuat <em>brand </em>perlu beradaptasi untuk menarik minat beli konsumen atau <em>purchasing intention</em>. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara peran <em>marketing influencer </em>tiktok terhadap <em>follower engagement </em>dan <em>purchase intention</em>. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik <em>non-probability purposive sampling </em>sebagai metode pengambilan sampel dan mendapatkan 286 responden dengan kriteria mempunyai applikasi tiktok, mengikuti Febryan Dio Ramadhan, dan pernah melihat konten Febryan Dio Ramadhan. Penelitian ini menggunakan SPSS untuk pengujian <em>pilot study </em>dan SmartPLS untuk pengolahan data secara keseluruhan. Hasil penelitian ini adalah <em>marketing influencer </em>mempunyai pengaruh yang positif dan signifikant terhadap <em>follower engagement</em>, <em>follower engagement </em>mempunyai pangaruh yang positif dan signifikant terhadap <em>purchase intention, marketing influencer </em>juga berpengaruh secara positif dan signifikant terhadap <em>purchasei intention </em>melalui <em>follower engagement</em><em>.</em></p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25978 PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG KEMBALI DI RESTORAN KAIZEN BBQ GRILL & SHABU-SHABU SURABAYA DENGAN CUSTOMER EXPERIENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI 2023-03-13T15:00:57+07:00 Angelina Putri d11190076@john.petra.ac.id Carmenita Suhartono d11190092@john.petra.ac.id Monika Kristanti mkrist@petra.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang terdapat pada restoran Kaizen <em>BBQ Grill &amp; Shabu-Shabu</em> terhadap minat kunjung kembali konsumen dengan <em>customer experience </em>sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dan menggunakan <em>purposive sampling </em>sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini dilakukan kepada 171 responden yang pernah mengunjungi restoran Kaizen <em>BBQ Grill &amp; Shabu-Shabu </em>setidaknya sekali dalam 3 bulan terakhir (September - November 2022). Penelitian ini menggunakan <em>software Smart PLS</em> untuk pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat kunjung kembali, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap <em>customer experience</em>, <em>customer experience</em> berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung kembali dan <em>customer experience</em> memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap minat kunjung kembali.</p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25977 EMPLOYEES’ INNOVATION ON HOSPITALITY INDUSTRIES AS REVIEWED FROM THE IMPACT OF TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP AND LEARNING ORGANIZATION 2023-03-13T14:57:18+07:00 Yoel Wibowo yoel.wibowo@petra.ac.id Yonathan Palumian ypalumian@petra.ac.id Vido Iskandar vido.iskandar@petra.ac.id <p>Sudden disruption caused by Covid-19 and VUCA business environment has been a wake-up call for business organizations to change, adapt, and transform. Hospitality business organizations, as one of the impacted industries, require transformative leaders to create Learning Organization environment, and to set innovative organization members. This research investigates the relation between Transformational Leader­ship, Learning Organization, and Innovative Work Behavior particularly in Hospitality Industries (hotels and restaurants) in Surabaya. This research mainly explores theoretical gap left by the predecessor researches by adopting new scaling used especially to evaluate Transformational Leadership and Learning Organization, and methodological gap by utilizing multivariate data analysis towards the respondents’ groups. This research is designed as a descriptive quantitative study, in which data is collected through questionnaire towards the sample. This study points out that while Transformational Leadership does correlate positively with the creation of Learning Organization, it possesses no significant relationship with the establishment of Innovative Work Behavior among the leaders group. Learning Organization also does not mediate the effects between those two. Operational staff, nevertheless, still significantly and positively affected by relation as pointed out by multi­variate data analysis.</p> 2023-06-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25715 PENGARUH ONLINE REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL DI ONLINE TRAVEL AGENT (STUDI KASUS KOTA BATAM) 2023-04-28T16:36:08+07:00 Rezki Alhamdi rezki@btp.ac.id <p>Kota Batam merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Batam merupakan kota yang dapat diakses melalui pelabuhan Malaysia dan Singapura. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh Online Review dan Harga terhadap keputusan pemesanan kamar hotel pada <em>online travel agent</em>. Adapun cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan metode <em>sampling</em> yaitu <em>purpose sampling</em>. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sebelumnya data dilakukan uji hipotesis, data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas. Untuk menjawab hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F. hasil uji t ditemukan bahwa pada penelitian ini maka dapat dijelaskan bahwa variabel online review dengan nilai sig 0.03 &lt; dari 0.05 yang artinya ada pengaruh signifikasi online review terhadap keputusan pemesanan kamar hotel di Kota Batam. Pada variabel Harga mempunyai nilai sig 0.00 &lt; dari 0.05 yang artinya ada pengaruh positif dan signifikasi antara harga dengan keputusan pemesanan kamar hotel. Berdasarkan hasil uji F dilakukan nilai sig 0.00 &lt; dari 0.05 maka dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh online review dan harga terhadap keputusan pemesanan kamar hotel di online travel agent.</p> 2023-09-08T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25612 BOARD DIVERSITY AND CORPORATE RISK: EVIDENCE FROM INDONESIAN LISTED MANUFACTURING COMPANIES IN 2016-2019 2023-01-09T08:25:54+07:00 Fransisca Shania tessa@petra.ac.id Pamela Andriani tessa@petra.ac.id Tessa Vanina Soetanto tessa@petra.ac.id <p>Recently, board diversity has become an essential part of the modern business environment. Its awareness rises since it affects how the board carries out its duties, the board's efficacy, and the risk-taking behavior, leading to companies' outcomes and value. Therefore, the researchers conducted the study to know the impact of board diversity, precisely, the Board of Commissioner and corporate risk with the diversity of gender, age, nationality, education, and tenure. Board size, market to book ratio, tangibility, leverage, and profitability were used as control variables. This study focused on Indonesia's manufacturing companies listed in the IDX during 2016-2019, with 300 sample data collected from 75 companies. The data gathered were further analyzed using multiple linear regression. As a result, nationality diversity, tangibility, leverage, and profitability significantly affect corporate risk. Inversely, diversity of gender, age, education, tenure, the board size, and market-to-book ratio do not significantly affect corporate risk.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25611 GAYA HIDUP SEHAT GENERASI Z DI SURABAYA 2023-01-09T08:17:25+07:00 Ivania Deselina Soenjoyo mkrist@petra.ac.id Luciana Lim Jaya mkrist@petra.ac.id Monika Kristanti mkrist@petra.ac.id David Kristianto mkrist@petra.ac.id <p>Pandemi COVID-19 membuat masyarakat menerapkan gaya hidup sehat agar dapat menguatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terkena virus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan gaya hidup sehat, yaitu aktivitas fisik, istirahat, dan makanan gizi seimbang, yang dilakukan oleh generasi Z di Surabaya berdasarkan AIO (<em>Activity</em>, <em>Interest</em>, <em>Opinion</em>) serta mengetahui perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam penerapannya. Penelitian ini dilakukan pada 332 responden dengan menggunakan <em>Independent Sample T-Test</em> dan uji <em>Mann-Whitney</em>. Hasil yang didapatkan dari menerapkan aktivitas, generasi Z rutin mengonsumsi makanan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik. Generasi Z minat menerapkan aktivitas fisik, istirahat, dan mengonsumsi makanan gizi seimbang. Berdasarkan opini, generasi Z setuju bahwa istirahat dan mengonsumsi gizi seimbang penting untuk tubuh. Hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan terhadap makanan gizi seimbang dan aktivitas fisik, tetapi penerapan istirahat menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan.</p> 2022-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25610 PENGARUH KEPERCAYAAN DAN INFORMATION SHARING TERHADAP RELATIONSHIP COMMITMENT DI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT PADA HOTEL BINTANG 3 – 5 DI SURABAYA 2023-01-09T08:13:13+07:00 Agung Harianto agung.harianto@petra.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan <em>Information Sharing</em> terhadap <em>relationship commitment</em>. Pengalaman buruk yang di alami hotel terhadap supplier bisa menyebabkan hasil penelitian tidak sejalan. faktor kepercayaan karakteristik didasarkan pada persepsi timbal balik, pengalaman masa lalu yang positif atau negatif. Dari pengalaman yang buruk tersebut membuat kepercayaan hotel terhadap <em>supplier </em>menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan terhadap <em>relationship commitment</em> pada hotel berbintang 3- 5 di Surabaya sesuai dengan apa yang ada&nbsp; di lapangan yaitu dimana hotel memiliki kekuasaan untuk memilih <em>supplier </em>sehingga tidak terjadinya ketergantungan hotel dengan 1 <em>supplier</em> saja. Apabila hotel merasa <em>supplier</em> tidak kompeten maka hotel bisa membatalkan perjanjian secara sepihak maupun berhenti memesan barang pada <em>supplier</em> tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa <em>information sharin</em>g penting bagi industri yang menggunakan <em>supply chain</em> yang tujuannya untuk mengambil keputusan hotel yang lebih baik dan berdasarkan <em>information</em> yang dapat dipercaya. Hotel sangat menghargai <em>information sharing</em> mengenai perubahan harga yang terjadi sehingga hotel akan mengevaluasi kembali mengenai pembelian dan persediaan hotel. Status pengiriman juga menjadi penilaian penting untuk hotel karena mereka juga tidak ingin barang mereka lama datangnya sehingga status pengiriman penting untuk diperhatikan.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25609 ANALISIS PENERAPAN MODEL UTAUT (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY) TERHADAP MINAT BELI PADA SAYURBOX 2023-01-09T08:03:15+07:00 Louis Loudevik Marciano vido.iskandar@petra.ac.id Marchellino Julian Chandra vido.iskandar@petra.ac.id Vido Iskandar vido.iskandar@petra.ac.id <p>Saat ini kegiatan berbelanja sudah dapat dilakukan secara online. Salah satu website untuk kegiatan belanja kebutuhan sehari-hari adalah Sayurbox. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari <em>effort</em> <em>expectancy</em>, <em>performance</em> <em>expectancy</em>, <em>facilitating</em> <em>conditions</em>, dan <em>social</em> <em>influence</em> terhadap minat beli konsumen pada website Sayurbox. Untuk memperoleh data penelitian maka dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden penelitian dengan kriteria tertentu. Dari penyebaran kuesioner diperoleh 100 data yang dapat diolah menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>effort</em> <em>expectancy</em>, <em>performance</em> <em>expectancy</em>, dan <em>social</em> <em>influence</em> berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli sedangkan <em>facilitating</em> <em>condition</em> tidak berpengaruh terhadap minat beli.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25608 PERSEPSI GLASS CEILING PADA GRUP HOTEL ACCOR DI SURABAYA 2023-01-09T07:55:38+07:00 Ardhiananta Kurnia Hariono myname_rd@yahoo.com Jefson Theios jefson.theios@gmail.com Deborah Christine Widjaja dwidjaja@petra.ac.id <p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui persepsi karyawan perempuan akan <em>glass ceiling</em> pada grup hotel Accor Surabaya melalui hambatan pribadi, hambatan situasional, dan hambatan sosial. Penelitian ini di fokuskan pada kelompok umur dan status pernikahan. Metode pengumpulan data menggunakan survei kepada 50 karyawan perempuan yang menduduki posisi manajerial di grup Hotel Accor Surabaya<em>. </em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi <em>glass ceiling </em>pada interval kecil. Untuk kelompok umur terdapat perbedaan persepsi <em>glass ceiling</em>, namun untuk status pernikahan tidak terdapat perbedaan persepsi <em>glass ceiling</em>.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan https://jurnalperhotelan.petra.ac.id/index.php/hot/article/view/25606 PENGARUH SERVICE RECOVERY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HOTEL BINTANG 4 DAN 5 DI KOTA SURABAYA 2023-01-09T07:47:51+07:00 Monica Tancia Santoso monicatancia20@gmail.com David Handranatan Tang davidhandra02@gmail.com Adriana Aprilia aprilia@petra.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar dimensi dari <em>service recovery </em>(<em>distributive justice, procedural justice, interactional justice</em>) terhadap kepuasan konsumen di hotel bintang 4 dan 5 Surabaya. Penelitian ini melibatkan sebanyak 160 responden&nbsp; yang pernah menggunakan fasilitas restoran dan penginapan di hotel bintang 4 dan 5 kota Surabaya selama 12&nbsp; bulan terakhir pada periode Februari 2021 - Maret 2022. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa <em>distributive justice, procedural justice, interactional justice</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen hotel bintang 4 dan 5 Surabaya.</p> 2023-01-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Perhotelan