HUBUNGAN STANDARISASI DAN INVENTARISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL
:
https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.30-36Keywords:
Standarisasi, Inventariasi, Kinerja KaryawanAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menguji pengaruh antar Standarisasi dan Inventarisasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang diterapkan pada penelitian ini adalah seluruh karyawan departemen food and beverage Service di Hotel Aria Centra Surabaya. Sampel yang diteliti adalah 23 responden yang terdiri dari 1 orang Manajer, satu orang Supervisor, dua orang Leader, tujuh orang Daily Worker dan 12 orang Trainee. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil diolah menggunakan software SPSS 23 yang akan digunakan untuk memperoleh kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang kemudian dianalisis maka dapat diambil kesimpulan bahwa Standarisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji simultan menggunakan uji F antara Standarisasi dan Inventarisasi berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan variabel Inventarisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Oleh sebab itu, untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan variabel yang sama disarankan untuk mempertimbangkan kembali faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti menambahkan jumlah responden dan variabel lainnya agar penelitian akan menjadi lebih baikReferences
Dwiantara, L., & Hadi, R.S. (2009). Manajemen Logistik Pedoman Praktis Bagi Sekretaris dan Staf Administrasi. Jakarta: Grasindo.
Hidayat, N. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang Dagang Berbasis Client Server Terhadap Kinerja Karyawan Cipto Jaya Sadel Lamongan. 3(1), 672-673
Kotschevar, L.H., & Luciani, V. (2007). Presenting Service: The Ultimate Guide For the food service professional. New Jersey: John Wiley & Sons.
Padma, S K. (2004). Industry- A meta analysis and business model on the HR related issues and attitudes. Bangalore: Sindhu Cargo Service Ltd.
Prasetyo, H. (2006). Pengembangan Model Per¬sediaan dengan mempertimbang kan Waktu Kadaluarsa dan Faktor Unit Diskon. 4(3), 1412-6869
Putrianti, S. (2010). Standar Pelayanan Pramusaji di Deli Coffee Shop Hotel Inna Dharma Deli Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Ramadhani, T. (2018). Sistem Informasi Stok Gudang Pada Platinum Hotel Berbasis Web. 6(2), 36.
Robbins, S.P. (2006). Perilaku Organisasi. PT. Indeks Kelompok Gramedia
Sabir, M.S., Iqbal, J.J., Rehman, K.U., Shah, K.A., & Yameen, M. (2012). Impact of Corporate Ethical Values on Ethical leadership and Employee Performance. Journal of business and social science. 3(2),163-171.
Sundbo, J. (1994). Modulation of Service Production and Thesis of Convergence Between Service and Manufacturing Organizations. 10(22), 245-266.
Sundbo, J. (2002). The Service Economy: Standar-disation or Customisation. The Service Industries Journal. 22(4), 93-116.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset. 50(5), 145.
Wardani, Y. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Standar Operasional Prosedur dan Turn Over Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Everbright di Surabaya. 4(3),16
Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Wedyanto. (2014). Penomoran dan Inventarisasi Aset. Bandung: ITB.